Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

3 Aturan Kerja yang Mungkin Hilang ketika Kembali ke Kantor usai Pandemi

Topcareer.id – Setelah lebih dari satu tahun pandemi, banyak kantor mulai dibuka kembali. Salah satu perubahan bagi sebagian besar pekerja adalah model kerja hybrid. Dengan gaya kerja seperti ini, tentu ada perubahan-perubahan seperti norma atau aturan yang baru.

Ya, akan ada banyak norma baru terbentuk, tapi ada juga aturan atau norma lain yang mungkin akan hilang setelah penerapan sistem kerja hybrid ini. Melansir Ladders, berikut norma yang akan hilang setelah banyak perusahaan terapkan sistem kerja hybrid.

1. Jam kerja

Model kerja hybrid mendukung jam kerja yang fleksibel, jadi ada lebih sedikit mandat untuk memulai pada jam 9 pagi dan berakhir pada jam 5 sore. Namun, dengan fleksibilitas itu muncul lebih banyak tekanan untuk tampil. Karyawan ingin menunjukkan bahwa mereka dapat melakukannya dengan baik di rumah maupun di kantor.

Banyak orang mungkin merasa perlu untuk membuktikan bahwa mereka telah ”melakukan sesuatu.” Jam kerja yang fleksibel juga berarti manajer mungkin merasa tim mereka tersedia sepanjang waktu.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Ketika Bos Tak Mendukung Karier Kamu?

2. Aturan berpakaian

Aturan berpakaian setelah pandemi kemungkinan akan jauh lebih sedikit pakaian formalnya daripada di tahun 2019. Penekanan besar akan pada kenyamanan.

Kita sudah terbiasa merasa nyaman tahun lalu, dan dalam model hibrida, canggung memiliki beberapa orang dengan setelan bisnis di kantor sementara yang lain mengenakan kaos di Zoom. Selain itu, dengan banyaknya orang yang pindah lebih jauh dari tempat kerja, akan ada keinginan untuk pakaian yang nyaman selama perjalanan panjang.

3. “Saya di sini hanya untuk bekerja, saya di sini bukan untuk bersosialisasi.”

Hari-hari hanya berada di kantor untuk bekerja dan tidak bersosialisasi dengan rekan kerja sudah berakhir di lingkungan kerja hybrid. Inti dari berada di kantor adalah memiliki lebih dari sekadar interaksi yang berfokus pada pekerjaan. Akan lebih sulit untuk memilih keluar dari latihan membangun tim, makan siang, dan happy hour.

Ini mungkin saat yang menakutkan bagi banyak introvert yang menikmati waktu di rumah. Bagi para ekstrovert, inilah saat yang mereka tunggu-tunggu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan