Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makanan-Makanan Terbaik untuk Kesehatan Gigi

Dok/Dentist in Knoxville

Topcareer.id – Kebanyakan orang berpikir bahwa menyikat gigi saja sudah cukup untuk memastikan kesehatan mulut. Namun, ini tidak begitu saja terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi, dan asupanmu merupakan penyumbang besar karena malnutrisi mempengaruhi kesehatan mulut.

Penting untuk diingat bahwa kesehatan mulut dapat memiliki efek luas pada kesehatan dan kesejahteraanmu secara keseluruhan. Makanlah makanan yang tepat untuk kesehatan gigimu. Melansir Ladders, berikut makanan terbaik untuk kesehatan gigi.

Makanan Kaya Vitamin

Makanan kaya vitamin seperti keju, kacang-kacangan atau sayuran hijau yang tinggi kalsium atau daging dan telur yang merupakan sumber fosfor yang baik, dapat memperkuat enamel dan membantu menjaga kesehatan gigi. Makanan dan minuman manis dan asam mengikis enamel, dan kalsium dan fosfat sangat penting dalam menggantikan mineral yang hilang dan membantu memulihkan enamel ini.

Makanan yang kaya vitamin D juga bagus untuk gigi karena bertindak sebagai pencegahan penyakit periodontal seperti gingivitis dan periodontitis. Ini adalah penyakit gusi umum yang dapat sangat merugikan kesehatan gigi jika tidak diobati.

Buah dan Sayuran Renyah

Menurut Dr Ellie, hal-hal seperti mentimun, wortel, dan apel dapat bermanfaat bagi kesehatan mulut. Mereka membuat gigi bekerja lebih keras, yang dapat membantu membersihkan gigi saat kamu mengunyah. Mengunyah sebagai suatu proses menyela dan mencegah pembentukan plak, dan makanan yang lebih renyah membantu menangkis bakteri berbahaya agar tidak mengendap di permukaan gigi.

Susu

Seperti disebutkan secara singkat di atas, produk susu seperti keju, susu dan yoghurt penuh dengan kalsium dan fosfat, memperkuat tulang dan gigi. Makan lebih banyak produk susu membantu memulihkan dan mempertahankan tingkat PH yang sehat di mulut dan mengimbangi efek dari makanan manis atau asam.

Baca juga: Efek Negatif Green Tea Untuk Kesehatan (Bagian 1)

Yoghurt secara khusus adalah sumber probiotik yang fantastis, yang dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri berbahaya. Yoghurt alami tanpa tambahan gula adalah pilihan terbaik.

Teh Hijau dan Hitam

Jenis teh ini mengandung tingkat polifenol yang lebih tinggi yang diketahui berinteraksi dengan bakteri pembentuk plak. Polifenol diketahui dapat mencegah bakteri tumbuh atau memproduksi asam yang kemudian menyerang gigi. Tergantung pada airmu di rumah, menyeduh teh ini juga bisa menjadi sumber fluoride yang baik jika air kamu di rumah memiliki kadar yang baik.

Fluoride

Fluoride paling sering ditemukan dalam air, dan bisa sempurna untuk gigi. Dikatakan demikian, beberapa makanan yang diproduksi secara komersial seperti unggas, makanan laut atau produk sereal juga dapat menjadi sumber fluoride.**(Feb)

Tinggalkan Balasan