Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Perhatikan, Segini Nilai agar Lolos Seleksi PPPK Guru 2021

Topcareer.id – Saat ini pemerintah tengah melakukan proses seleksi bagi para guru yang ingin menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun anggaran 2021.

Meskipun dilakukan berbarengan dengan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun proses seleksi PPPK sedikit berbeda karena hanya dilakukan dengan 2 tahapan yakni Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi.

Nah, berdasasrkan Keputusan Menteri PANRB nomor 1127 tahun 2021, untuk bisa dikatakan lulus dalam Seleksi Kompetensi, pelamar PPPK Guru harus memenuhi nilai minimal dalam bentuk nilai ambang batas (passing grade).

Menurut Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Katmoko Ari Sambodo, passing grade Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru ini akan disesuaikan dengan tingkat pendidikan yang diajarkan.

Baca juga: Ini Jadwal Seleksi Kompetensi CPNS dan PPPK Tahun Anggaran 2021

“Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Teknis berbeda-beda untuk setiap jabatan. Alasannya adalah karena mata pelajaran yang diajarkan berbeda dan jenjang pendidikan juga beragam dari TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK,” ujarnya secara virtual, pada Jumat (03/09/2021).

Namun dalam implementasinya, setidaknya pelamar yang ingin lolos harus memenuhi nilai minimal 130 untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, serta 24 untuk Wawancara.

“Tapi ketentuan nilai ambang batas ini, dikecualikan bagi seleksi PPPK Guru pada Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat,” tambahnya.

Adapun jumlah soal dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru ini adalah 155 soal, dengan rincian 100 soal Kompetensi Teknis, 25 soal Kompetensi Manajerial, 20 soal Kompetensi Sosial Kultural, dan 10 soal untuk Wawancara berbasis komputer.

Untuk total durasi waktu pengerjaannya sendiri sekitar 170 menit. Sedangkan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra diberikan tambahan waktu menjadi 220 menit, yaitu 150 menit untuk Seleksi Kompetensi Teknis, 55 menit untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, serta 15 menit untuk Wawancara.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan