Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Daftar Rute Penerbangan yang Sering Terjadi Kecelakaan (Bagian 1)

Ilustrasi: Medium

Topcareer.id – Terbang naik pesawat bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun juga bisa agak menakutkan bagi cukup banyak orang.

Bahkan penumpang yang sering terbang mungkin saja bisa mengalami teror setiap kali penerbangan mereka mengalami turbulensi.

Namun, sebagian besar penerbangan saat ini di seluruh dunia sangatlah aman, berkat teknik modern, komunikasi udara-ke-darat yang tepat, dan undang-undang keselamatan.

Tetapi hingga kini masih ada beberapa rute penerbangan yang dianggap berbahaya, karena pada rute tesebut kecelakaan pesawat sering terjadi, bahkan setelah semua langkah keselamatan dipertimbangkan.

Berikut ini delapan rute penerbangan paling berbahaya di dunia.

Bagian pertama dari artikel:

1) Segitiga Bermuda
Semua orang tahu tentang reputasi Segitiga Bermuda. Ini adalah daerah segitiga di sekitar Karibia dan Atlantik Selatan.

Lokasi ini terkenal sebagai kuburan banyak kapal laut dan pesawat. Beberapa pihak bahkan percaya bahwa daerah ini merupakan zona kematian.

Beredar juga mitos adanya monster laut hingga dunia bawah laut Atlantis pun sering dibicarakan.

Namun, kelompok ilmuwan dari Universitas Southampton mengatakan hal buruk di Segitiga Bermuda yang membuat celaka pesawat maupun kapal bisa terjadi akibat adanya gelombang besar setinggi 1.000 kaki di dalam perairan segitiga tersebut.

Kondisi cuaca ekstrem di Segitiga Bermuda juga menjadi alasan para pilot penerbangan di seluruh dunia memilih untuk menghindari rute ini.

2) Wilayah udara Indonesia
Segitiga Bermuda terkenal karena teori supernatural yang dibuat-buat. Namun, wilayah udara Indonesia benar-benar dinilai sebagai salah satu rute penerbangan paling berbahaya di dunia.

Alasannya karena tingginya angka kematian di penerbangan Indonesia, dan seringkali ditemukan alasan sederhana yakni minimnya perawatan pesawat hingga tindakan pencegahan keselamatan yang tepat.

Bahkan Federal Aviation Administration (FAA) menempatkan Indonesia dalam daftar negara Kategori 2 yang gagal memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan.

Baca juga: Saham Maskapai Penerbangan Ini Justru Naik di Saat Pandemi

3) Wilayah udara Afrika dan beberapa rute Afrika ke Eropa
Benua Afrika adalah salah satu rute penerbangan paling berbahaya di seluruh dunia.

Ada rata-rata 12,45 kecelakaan per 1 juta penerbangan, yang mungkin tidak terlalu banyak. Namun, nilai itu lebih dari dua kali lipat dari rata-rata global.

Bahkan penerbangan yang meninggalkan benua Afrika menuju Eropa memiliki tingkat kecelakaan yang lebih tinggi dari biasanya.

Beberapa negara di Afrika juga telah dilarang bepergian dengan pesawat ke negara-negara Uni Eropa.

4) Rute ke beberapa pecahan negara Soviet
Sementara kebanyakan orang hanya memikirkan Rusia ketika berbicara tentang negara-negara pecahan Soviet, sebenarnya ada beberapa negara kecil yang lahir setelah jatuhnya Uni Soviet.

Commonwealth of Independent States sering dianggap sebagai salah satu lokasi yang paling tidak aman dalam hal terbang, karena teknologi yang buruk dan cuaca buruk menyebabkan beberapa kecelakaan.

Negara pecahan Soviet lainnya, Kazakhstan, bahkan telah dilarang terbang ke negara-negara Uni Eropa.

Selain itu, penerbangan Malaysia MH-17 bahkan secara tragis ditembak jatuh di Ukraina selama Perang Donbass.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan