Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Kominfo: Pedulilindungia.com adalah Situs Palsu

Topcareer.Id – Situs dan aplikasi PeduliLindungi saat ini punya peranan penting dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Hal itu rupanya dimanfaatkan sejumlah oknum, salah satunya dengan membuat situs palsu bernama mirip, yakni PeduliLindungia.com. Tak tanggung-tanggung, situs ini juga nekat mencomot logo, hingga tampilan situs aslinya.

Terkait hal ini, Kementerian Kominfo melalui sang juru bicara,
Dedy Permadi langsung mengeluarkan pernyataan melalui siaran pers.

Baca juga: Hoaks! Layanan Menjemput dan Mengisikan Oksigen Gratis

Berikut detail pernyataannya:

  1. Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun.
  2. Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.
  3. Pemerintah menggunakan Aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) beserta perubahannya.
  4. Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun. Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store.

Ingat! Selalu berhati-hati ya dalam membuka situs atau aplikasi yang memerlukan data diri. Pastikan alamat atau nama aplikasi yang dituju sudah tepat.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan