Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Hati-hati, Ternyata Ada Aplikasi Peduli Lindungi Palsu

Hapus file pribadi ketika ingin resign kerja.Dok. Cortex

Topcareer.id – Saat ini masyarakat tengah dihebohkan dengan pesan WhatsApp yang meminta agar mereka berhati-hati terhadap salah satu situs yang yang dipakai pemerintah dalam memonitor penyebaran Covid-19 yakni Peduli Lindungi.

Setelah diusut, ternyata situs yang dimaksud pesan tersebut adalah pedulilindungia.com.

Walaupun terlihat sama, nyatanya situs ini berbeda, sebab di situs pedulilindungia.com, masyarakat diminta untuk membayar sejumlah uang agar bisa melakukan vaksinasi Covid-19.

“Pasokan vaksin COVID-19 sudah diatur, dengan dana sebesar 1.000.000 rupiah, maka bisa langsung membuat janji untuk sukses dan mengatur inokulasi rumah sakit terdekat dalam waktu sepuluh hari,” tulis situs palsu tersebut.

Bahkan oknum yang tak bertanggung jawab dalam membuat situs ini menyertakan nama dan rekening untuk mereka yang tertarik dengan wacana yang mereka gaungkan.

Baca Juga: Kominfo: Pedulilindungia.com adalah Situs Palsu

Agar tak membuat resah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menyatakan bahwa situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19.

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun,” ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, Kamis (9/9/2021).

Selanjutnya, Kominfo pun mengambil langkah dengan memblokir atau menutup situs pedulindungia.com yang diketahui menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.

Sebagai penutup, Dedy mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun.

“Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan