Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

KSP Moeldoko Apresiasi Inovasi Tes COVID-19 dengan Metode Kumur

Dok/KSP

Topcareer.Id – Belum lama ini, dua anak muda bertalenta di bidang bioteknologi, yakni Sharlini Eriza Putri dan Vincent Kurniawan berhasil menciptakan alat pendeteksi COVID-19 dengan metode kumur (Gargling).

Tes kumur tersebut memiliki tingkat akurasi 90 persen, dan cenderung lebih efektif dan efisien karena tidak membutuhkan banyak tenaga kesehatan (nakes) dalam pelaksanaannya.

“Metode ini bisa dilakukan sendiri. Tinggal nanti hasil tesnya dibawa ke layanan kesehatan untuk diperiksa menggunakan mesin PCR,” ujar Sharlini yang merupakan founder Perusahaan Nusantara Genetics (Nusantics) bersama Vincent, terkait metode tersebut.

Terkait penemuan itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan apresiasi positif. Menurutnya, terobosan ini harus segera disosialisasikan dan dimanfaatkan untuk masyarakat.

“Inovasi masa depan seperti ini enggak boleh berhenti. Persoalannya kan belum banyak orang mengerti,” kata Moeldoko saat audensi bersama Sharlini di gedung Bina Graha Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Kerennya Tes COVID-19 dengan Metode Kumur Buatan Anak Negeri

Moeldoko menambahkan, perlu ada sinergi dengan lembaga–lembaga negara terkait, untuk bisa mengeksplorasi temuan ini.

“Ini perlu ada partner, apakah dari BPPT atau LIPI. Sehingga menjadi nasional dan dipahami dan dimanfaatkan oleh publik.”

Dalam kesempatan itu, Staf Kepresidenan Moeldoko juga memastikan bahwa KSP siap memfasilitasi hasil cipta para anak-anak bangsa, terutama di bidang bioteknologi, seperti yang dilakukan Nusantics.

“Anda jangan merasa kesepian dan sendiri. Negara pasti hadir untuk mewadahi hasil kerja keras kalian. Apalagi saat ini kita sedang mempersiapkan program Manajemen Talenta Nasional, untuk memfasilitasi inovasi-inovasi anak bangsa,” tegas Moeldoko.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply