Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Cara Melamar Pekerjaan yang Sesuai lewat Kartu Prakerja

Program kartu prakerja

Topcareer.Id – Tak usah bingung lagi dalam mencari pekerjaan, karena dengan keberadaan kartu prakerja, perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan bisa jadi lebih mudah.

Ya, tak hanya menawarkan pelatihan kerja dan insentif, fitur job recommendation di dashboardnya juga bisa digunakan untuk mencari pekerjaan yang sesuai.

“Misalnya, seorang penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan desain grafis, maka ia akan menerima informasi lowongan pekerjaan di bidang itu di dashboard-nya,” ujar Denni Purbasari, Deputi Bidang Ekonomi Kepala Staf Kepresidenan 2015-2020.

“Di situ ada sepuluh besar lowongan pekerjaan yang paling dicari. Terus diperbarui dari bulan ke bulan dan dibreakdown sampai provinsi.”

Baca juga: Lakukan Ini agar Kepesertaan Kartu Prakerja Kamu Tidak Dicabut

Untuk saat ini, sepuluh besar pekerjaan paling dicari yang tercantum pada Tren Rekrutmen www.prakerja.go.id diduduki antara lain bidang penjualan ritel, pemasaran/pemgembangan bisnis, IT-perangkat lunak, akuntansi umum/pembiayaan, penjualan-korporasi, personalia, perbankan dan staf administrasi umum.

Dengan fitur baru berupa informasi lowongan dan trend pekerjaan secara digital, Program Kartu Prakerja mengubah kebiasaan lama banyak pencari kerja, yang selama ini mengirim lamaran pekerjaan berupa kertas tercetak dikemas dalam amplop coklat berdasarkan informasi dari mulut ke mulut.

“Tentu saja, menggunakan cara konvensional seperti itu, upaya seorang pencari kerja tak akan menemui hasil optimal dan sangat berbeda dibandingkan jika melamar pekerjaan secara digital melalui job platform. Pola-pola adaptasi baru dengan teknologi seperti inilah yang Prakerja kenalkan kepada angkatan kerja kita,” pungkas Denni.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply