Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: Kopi Punya Manfaat untuk Otak

Ilustrasi: AARP

Topcareer.id – Dari minuman ringan hingga cokelat, kafein secara diam-diam hadir di banyak produk yang biasa kita konsumsi. Sementara sebagian besar berita tentang konsumsi kafein adalah tentang potensi dampak negatifnya (kurang tidur dan gejala penarikan yang tidak menyenangkan).

Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa secangkir kopi pagi sebenarnya memiliki manfaat jangka panjang untuk otakmu. Tentu ini kabar baik untuk pecinta kopi.

“Manfaat kafein yang paling tidak bisa dipungkiri adalah meningkatkan kinerja mental – seringkali hingga 200%,” kata Jamie Hickey, ahli gizi terdaftar dan pendiri Truism Fitness.

Studi yang dirujuk Hickey mengamati 118 orang paruh baya dari usia 45 hingga 64 tahun yang tidak secara teratur mengonsumsi kafein atau stimulan lainnya.

Manfaat kafein untuk kesehatan

Kopi adalah obat alami yang mengandung kafein. Ini juga mengandung bahan kimia dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular kita serta fungsi kognitif kita.

Penelitian terbaru melihat bagaimana asupan kafein setiap hari dapat memengaruhi fungsi otak orang dewasa yang lebih tua. Selama lima tahun, penelitian ini mengamati perubahan otak peserta untuk memantau perubahan yang biasanya berkorelasi dengan demensia dan gangguan fungsi kognitif.

Baca juga: Udara Di Kantor Bisa Membuatmu Asma, Kok Bisa?

Hasilnya, peserta yang minum kopi secara teratur menunjukkan jumlah jaringan otak mati yang lebih kecil terkait dengan risiko stroke otak. Peserta ini juga mendapat skor lebih tinggi pada tes yang mengukur fungsi kognitif.

Sebuah studi terkait melihat bagaimana konsumsi kopi secara teratur berdampak pada memori jangka panjang. Dalam memeriksa sistem antioksidan di otak, penelitian tersebut melaporkan tidak hanya meningkatkan memori jangka panjang tetapi juga efek positif pada apa yang dikenal sebagai sumbu otak-usus, membantu fungsi kognitif juga.

Berapa jumlah kopi yang tepat?

“Kafein bisa merugikan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Disarankan untuk tidak melebihi 400 miligram kafein pada hari tertentu. Ini mungkin terlalu banyak untuk banyak orang, karena sebagian besar sensitif terhadap stimulan seperti kafein,” kata Hickey.

Sebagai perbandingan, rata-rata secangkir kopi 8 ons mengandung sekitar 80 hingga 100 miligram. “Jika kamu merasa gelisah, cemas, atau mengalami jantung berdebar, kamu minum terlalu banyak,” katanya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan