Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jawaban yang Tepat untuk “Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Ini?”

Topcareer.id – Kamu harus siap atas segala pertanyaan yang muncul dalam setiap interview kerja. Mungkin salah satunya yang akan keluar adalah “Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?” Pertanyaan ini akan menjadi tantangan jika kamu tidak siap, meski ini jadi pertanyaan umum.

Cobalah untuk tidak menganggap pertanyaan ini sebagai tantangan. Sebaliknya, anggap itu sebagai peluang. Ini adalah kesempatan untuk menjual dirimu, keahlianmu, dan tingkat komitmen yang akan kamu bawa ke perusahaan mereka.

Mengapa pewawancara menanyakan pertanyaan ini?

Sederhananya, seorang pewawancara ingin tahu apakah kamu telah melakukan pekerjaan rumahmu. Sudahkah kamu meneliti perusahaan? Apakah kamu membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat? Dalam jawabanmu, mereka ingin mendengar apa yang kamu pelajari tentang inisiatif perusahaan, misi mereka, dan bagaimana keterampilan dan pengalamanmu bisa cocok.

Melansir Ladders, dengan mengajukan pertanyaan ini, perusahaan juga ingin melihat bahwa kamu telah meluangkan waktu dan upaya untuk memikirkan apakah kamu secara pribadi cocok atau tidak untuk peran tersebut.

Bagaimana menjawab “Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?”

Tujuan dari jawabanmu harus menjelaskan mengapa pekerjaan ini cocok untukmu, serta mengapa kamu cocok untuk perusahaan. Kamu perlu menunjukkan antusiasme tidak hanya untuk posisi, tetapi untuk perusahaan secara keseluruhan.

Penting untuk memasukkan beberapa detail dari penelitianmu sebelumnya tentang perusahaan ke dalam jawabanmu untuk memberi tahu pewawancara bahwa caramu bekerja selaras dengan cara perusahaan tersebut beroperasi.

Contoh: “Berdasarkan apa yang saya ketahui tentang perusahaan Anda, komitmen saya untuk mendukung sesama anggota tim dan ide-ide unik mereka melalui komunikasi terbuka sejalan dengan misi Anda untuk menciptakan lingkungan di mana kolaborasi dan kreativitas dihargai.”

Baca juga: 7 Hambatan Berpindah Jalur Karier Dan Solusinya (Bagian 1)

Kamu dapat membingkai jawabanmu untuk menunjukkan bagaimana perusahaan akan mendapat manfaat dari keterampilan dan keahlianmu. Informasi yang kamu peroleh dari penelitianmu tentang perusahaan akan membantu menyusun jawaban.

Contoh: “Sebagai perusahaan yang berkembang pesat, Anda akan membutuhkan orang-orang dengan pengalaman manajemen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Saya telah berhasil mengawasi pembentukan tiga departemen baru pada tahun lalu, dan pengalaman saya dengan ini akan diterjemahkan dengan mulus ke dalam peran ini.”

Ini juga mengesankan ketika kamu dapat berbicara dengan lancar tentang apa yang kamu ketahui tentang perusahaan dan bagaimana kamu menyesuaikan diri, tetapi juga apa lagi yang dapat kamu bawa ke perusahaan dan tambahkan ke dalam campuran.

Contoh: “Seperti yang saya tahu dilakukan oleh karyawan Anda saat ini, saya sangat menghargai komunikasi klien yang efektif. Saya memiliki tingkat retensi klien 100% selama lima tahun terakhir yang saya kaitkan dengan waktu, upaya, dan perhatian terhadap detail yang saya berikan untuk hubungan ini.”

Tinggalkan Balasan