TopCareerID

Mengenal Plant Based Diet, Dan Tips Memulainya

Dok.. Consultantdietitians

Topcareer.id – Plant based diet atau pola makan nabati berfokus pada makanan terutama dari tumbuhan.

Ini tidak hanya tentang buah-buahan dan sayuran saja, tetapi juga kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, dan juga kacang polong.

Pola makan nabati ini juga bukan berarti mengubahmu menjadi vegetarian atau vegan dan tidak pernah makan daging atau susu.

Justru sebaliknya kamu tetap mengonsumsi itu semua, namun kamu secara proporsional memilih lebih banyak makanan dari sumber nabati.

Mediteranian diet dan vegetarian
Apa bukti bahwa pola makan nabati itu sehat? Banyak penelitian nutrisi telah meneliti plant based diet seperti Mediteranian diet dan vegetarian.

Mediteranian diet memiliki dasar makanan nabati, namun termasuk juga ikan, unggas, telur, keju, dan yogurt beberapa kali seminggu, dengan daging dan makanan manis lebih jarang.

Mediteranian diet telah ditunjukkan dalam studi populasi besar dan uji klinis acak terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes, kanker tertentu (khususnya usus besar, payudara, dan kanker prostat), depresi, dan pada orang dewasa yang lebih tua, penurunan risiko kelemahan, bersama dengan fungsi mental dan fisik yang lebih baik.

Diet vegetarian juga telah terbukti mendukung kesehatan, termasuk risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, dan peningkatan umur panjang.

Pola makan nabati menawarkan semua protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.

Namun, beberapa vegan mungkin perlu menambahkan suplemen (khususnya vitamin B12) untuk memastikan mereka menerima semua nutrisi yang dibutuhkan.

Baca juga: Vegetarian Vs Vegan, Apa Bedanya?

Variasi diet vegetarian
Diet vegetarian tersedia dalam banyak bentuk dan ukuran, dan kamu harus memilih versi yang paling sesuai.

Berikut ini beberapa tips dan trik cara yang bisa kamu jalani untuk mulai mencoba plant based diet:

Nah, bagaimana, tertarik untuk mencoba? **(Feb)

Exit mobile version