Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Gaji Kecil? Begini Cara untuk Bertahan Hidup (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. CLEO Singapore)

Topcareer.id – Selain mengancam nyawa, pandemi Covid-19 juga kita ketahui telah memporak-porandakan kehidupan ekonomi banyak orang.

Banyak perusahaan yang memutuskan untuk memotong sementara gaji karyawan mereka demi tetap survive menghadapi dampak pandemi.

Ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Tentang bagaimana mereka harus bertahan hidup dengan gaji yang lebih kecil dari biasanya.

Nah, kalau kamu di antaranya, atau kebetulan memiliki gaji kecil, berikut beberapa tips untuk bisa tetap survive, seperti dikutip dari laman Rocket.

Bagian awal dari artikel

Teliti keuanganmu
Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memulai tips ini adalah dengan meneliti keuanganmu tiap bulan.

Coba pahami berapa total yang kamu dapatkan. Lalu terapkan beberapa metode untuk membaginya. Yang paling sederhana adalah metode 50:30:20.

Sebagai contoh, jika gaji kamu adalah Rp 5 juta, maka sisihkan Rp 2,5 juta untuk biaya sewa tempat tinggal, listrik, air, makan, dan kebutuhan bulanan lainnya. Sesuaikan berbagai kebutuhan tersebut agar bisa cukup.

Setelah itu, kamu bisa gunakan 30%, atau sekitar Rp 1,5 juta untuk biaya hiburan kamu, seperti menonton film, atau jalan-jalan selama satu bulan. Dan terakhir, yang 20%nya, Rp 1 juta, masukkan sebagai tabungan bulananmu.

Kamu juga bisa memakai metode lain sesuai kebutuhanmu, yang terpenting adalah kenali apa kebutuhan wajibmu setiap bulan, lalu atur dengan baik.

Tentukan goals kamu
Selain menganalisa keuanganmu, yang tak kalah penting adalah menentukan goals yang ingin kamu raih.

Prioritas ini penting agar pengeluaranmu ke depannya semakin terarah, termasuk terkait tabungan yang akan kamu jalankan.

Jika kamu merasa belum memiliki prioritas, memiliki uang darurat mungkin bisa kamu jadikan sebagai goals awal dari tabungan kamu.

Mempunyai uang darurat bisa memberikanmu ketenangan, untuk terus menjalani hidup meski gajimu masih kecil.

Minimalisasi pengeluaran
Dengan gaji kecil, alangkah lebih baik jika pengeluaranmu juga kecil. Coba minimalisasi pengeluaran dengan melakukan beberapa hal.

Seperti mencari tempat sewa yang lebih sederhana namun tetap nyaman, menyetop langganan tv kabel, mengurangi langganan situs penyedia streaming lagu, film, dan sebagainya, mengatur pemakaian listrik dan air, hingga memilih memasak makanan di rumah ketimbang beli di luar.

Percaya deh, hal-hal ini secara signifikan akan berdampak pada pengeluaranmu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan