Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ferris Wheel Tertinggi di Dunia Siap Buka Pada Oktober Mendatang

Dok/Musement Blog

Topcareer.id – Ferris wheel atau kincir ria di Dubai sekarang menjadi bagian penting dari pencakar langit metropolitan utama negara itu.

Saat ini tidak ada yang bisa melebihi ketinggian ferris wheel Ain Dubai — yang berarti “Dubai Eye” dalam bahasa Arab.

Kincir ria itu dijadwalkan dibuka pada 21 Oktober 2021. Dengan ketinggian sekitar 250 meter, itu akan menjadi observation wheel tertinggi di dunia.

Ini lebih tinggi daripada Observation High Roller di Las Vegas, AS yang kini terpaksa jatuh ke posisi kedua dunia.

Dua kali lipat ukuran London Eye
“Ain Dubai yang memecahkan rekor melampaui Singapore Flyer setinggi 165 meter dan hampir dua kali lipat ukuran London Eye,” kata Ronald Drake, manajer umum observation wheel Ain Dubai.

Strukturnya memiliki 48 kabin tertutup, beberapa di antaranya dapat memuat hingga 40 penumpang.

Secara total, 1.750 orang dapat naik kincir ria tersebut bersamaan, namun kapasitas saat ini terbatas karena pandemi global.

Setiap kabin ukurannya lebih besar dari dua bus tingkat yang diikat berdampingan, menurut Ain Dubai.

Tersedia tiga jenis kabin: kabin “observational” untuk perjalanan dasar, “social experiences” termasuk akses lounge dan minuman, serta kabin “pribadi” yang dapat disesuaikan untuk pesta makan malam, pertemuan bisnis, dan acara lainnya.

Sekali jalan observation wheel berlangsung selama 38 menit dan memberikan pemandangan luas pantai Dubai serta cakrawala kota.

Beda Ferris wheel dengan Observation wheel
Ferris wheel atau kincir ria pertama kali diperkenalkan pada tahun 1893 untuk pameran di Chicago, AS menurut Majalah Smithsonian.

Tinggi ferris wheel pertama itu sekitar 75 meter, dirancang oleh seorang insinyur sipil Amerika berusia 33 tahun, George Washington Gale Ferris Jr.

Tujuannya ferris wheel dibuat adalah untuk menciptakan struktur yang bisa menyaingi Menara Eiffel Paris.

Sejak itu, ferris wheel terus bertumbuh memiliki ukuran yang semakin besar dan tinggi.

Sekarang istilah “Observation Wheel” digunakan untuk membedakan mana kincir ria yang lebih besar dan lebih canggih, menurut Observation Wheel Directory.

Baca juga: Kolam Renang Terdalam di Dunia Resmi Dibuka di Dubai

Peningkatan pariwisata
Pembukaan Ain Dubai melanjutkan upaya Dubai untuk memposisikan diri sebagai negara dengan daya tarik wisata global.

“Fokus pada pariwisata telah menjadi salah satu strategi diversifikasi utama Uni Emirat Arab dan Dubai pada khususnya,” menurut Usman Khalid, asisten profesor ekonomi di Universitas Uni Emirat Arab.

“Volatilitas minyak yang disebabkan oleh COVID-19 telah membuktikan bahwa UEA perlu melakukan diversifikasi dari minyak dan memperkuat sektor lainnya.”

Pada tahun 2018, pariwisata UEA menghasilkan 11,5% dari produk domestik bruto emirat, menurut Dewan Perdagangan & Pariwisata Dunia.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan