Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Aturan Produktivitas Justru Berbahaya Lho (Bagian 2)

Dok/Sindo News

Topcareer.id – Tips produktivitas apa yang kamu jalankan hingga saat ini dan efektif untuk dirimu? Apakah tidak memakai piyama saat kerja di rumah? Konten creator, Zulie Rane mendaftar beberapa aturan produktivitas yang dinilai berbahaya jika berdasarkan ilmiah.

Melansir laman Medium, berikut aturan-aturan produktivitas yang berbahaya apalagi tidak didukung oleh penelitian, seperti ditulis Rane.

4. Kamu harus istirahat atau lakukan teknik Pomodoro (manajemen waktu)

Ide dari teknik ini adalah kamu fokus selama 25 menit dan memberi dirimu istirahat lima menit. “Meskipun saya dapat menemukan banyak makalah untuk Teknik Pomodoro, saya tidak dapat menemukan studi empiris yang dirancang untuk membuktikan atau menyangkal keefektifannya,” kata Rane.

Satu tesis PhD dari tahun 2020 yang ia temukan mengatakan bahwa “(kebanyakan) peserta menganggap teknik ini bermanfaat untuk mengatasi multitasking mereka. Namun, ada sedikit konsensus tentang bagaimana pomodoro membantu peserta atau aspek mana yang membantu, dengan aspek yang sama (mis. pengatur waktu, menunda potensi gangguan) yang diidentifikasi bermanfaat atau tidak efektif oleh peserta yang berbeda.

Ini secara kasar diterjemahkan menjadi, “Ini berhasil untuk beberapa orang, tetapi tidak untuk orang lain. Aku tidak tahu kenapa.” Tesis ini tidak memasukkan mekanisme neurologis potensial mengapa bekerja selama 25 menit sewenang-wenang seharusnya membuatmu lebih produktif.

5. Kamu membutuhkan waktu tidur yang konsisten

“Sejujurnya, saya pergi tidur ketika saya lelah. Terkadang itu jam 21:30. Kadang jam 11 malam. Saya mencari penelitian yang dapat membuktikan sekali dan untuk semua waktu tidur yang konsisten meningkatkan produktivitas dan kinerja, tetapi yang dapat saya temukan hanyalah penelitian yang meninjau kebiasaan manajemen waktu siswa yang sukses secara akademis, dan mereka yang dalam masa percobaan akademik (Hensley, 2018),” jelas Rane.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Dan Waras Di Kantor (Bagian 2)

Studi ini menemukan bahwa peserta kursus dengan sejarah perjuangan akademis tidak berbeda secara substansial dari teman sekelas mereka ketika mereka belajar selama seminggu atau ketika mereka tidur dan bangun.

Para penulis juga mencatat, jadwal tidur yang tidak konsisten untuk hampir semua siswa, berbeda dengan rekomendasi yang berlaku untuk pergi tidur dan bangun hampir pada waktu yang sama sepanjang minggu.

6. Tinggalkan kafein untuk mencapai produktivitas puncak

Rane menemukan blogger produktivitas terpecah dalam masalah ini. Beberapa mengubah kecintaan mereka pada kopi menjadi ciri kepribadian, merujuk pada cangkir kopi Jawa yang mengepul sepanjang rutinitas pagi ideal mereka dan istirahat yang sangat produktif. Yang lain mencelanya sebagai kebiasaan kotor yang menghalangimu dari potensi produktif sejati.

“Ini adalah satu-satunya aturan produktivitas yang sebenarnya memiliki sains nyata di baliknya. Mengonsumsi kafein telah ditunjukkan secara klinis untuk melepaskan rem pra dan pasca sinaptik yang dikenakan adenosin pada neurotransmisi dopaminergik,” menurut makalah yang agak padat dari tahun 2007.

Bagian buku teks ini menjelaskan efek kafein pada otak, dan menyimpulkan bahwa kamu akan mendapatkan beberapa efek stimulasi dari setiap cangkir kopi yang kamu minum, dan setiap toleransi yang kamu bangun.**(Feb)

Tinggalkan Balasan