Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ahli: Kopi Dapat Mencegah Penularan Covid-19

Topcareer.id – Siapa sangka kopi yang biasanya menemani kita untuk tetap terjaga pada malam hari ketika menyelesaikan tugas yang menumpuk ternyata juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Hal ini karena di dalam kopi terdapat banyak kandungan senyawa antioksidan atau senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif yang berasal dari radikal bebas. Dimana radikal bebas ini merupakan hasil sampingan dari proses pengolahan makanan menjadi energi.

Namun, menariknya baru-baru ini Guru Besar FTP Universitas Gadjah Mada (UGM), Sri Anggrahini mengungkapkan bahwa kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah penularan virus corona.

“Kopi sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan COVID-19. Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan,” ujarnya saat pidato ilmiah yang berjudul “Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19” di Auditorium FTP UGM, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Studi: Kopi Punya Manfaat untuk Otak

Terlebih lagi menurut Sri, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena covid atau tidak.

“Umumnya penderita covid mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,” pungkasnya.

Meski demikian, Sri menegaskan agar masyarakat tidak mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong, karena bisa memunculkan risiko naiknya kadar gula darah, asam lambung dan risiko terkena penyakit maag.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan