Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Ubah Karier? Mulailah Dengan Langkah Ini

Topcareer.id – Bosan dengan karier yang itu-itu saja, dimana kamu sudah merasa memberikan semuanya namun tak mendapat reward yang kamu inginkan, mungkin ini waktunya untuk mengubah karier kamu.

Memulai jalan baru dalam hal karier memang sebuah langkah besar yang sangat menantang. Di satu sisi, ini akan bisa mengubah hidup kamu, namun di sisi lain, ini juga bisa berarti buruk, dan berisiko menjebakmu dalam penyesalan.

Nah, supaya kamu dapat sisi baiknya, mending coba tanyakan dan lakukan beberapa hal ini kepada dirimu, sebelum kamu memutuskan untuk merubah kariermu.

Ubah pola pikir kamu
“Salah satu hambatan terbesar untuk mengubah karier adalah tidak memiliki kepercayaan diri untuk melakukannya,” kata Chelsea Jay, seorang penulis resume dan pelatih karier, seperti dikutip dari CNBC.

“Banyak orang datang kepada saya dan mengungkapkan keraguan, ketakutan. Ada yang mengatakan kepada mereka bahwa itu tidak mudah.”

Untuk mengubah pola pikir negatif itu, Jay menyarankan untuk meneliti peran baru yang kamu minati, lalu lihat pengalamanmu yang memiliki keterkaitan dengan itu.

Itu dapat membantu kamu mendapatkan kepercayaan diri yang kamu butuhkan untuk bergerak.

Baca juga: 6 Level Pertumbuhan Karier, Kamu Lagi di Tahap Mana? (Bagian 1)

Tanyakan mengapa
Jika kamu tidak puas dengan pekerjaan kamu saat ini tetapi tidak tahu persis apa yang harus diubah, Jay mengatakan untuk mengeluarkan pertanyaan ajaib, yakni “mengapa?”

“Mengapa kamu ingin melakukan perubahan adalah hal pertama yang akan ditanyakan oleh manajer perekrutan kepadamu,” katanya.

“Kamu perlu memahami siapa diri kamu, apa yang kamu inginkan dan apa harapanmu untuk peran itu.”

Untuk mengetahui alasannya, pertimbangkan apa yang memotivasimu saat ini dan alasan mengapa kamu ingin berganti pekerjaan.

Proaktif
Di poin ini, akan lebih baik jika kamu telah memiliki alasan tentang mengapa kamu ingin mengubah karier, dan apa yang ingin kamu temukan,

“Setelah itu, cobalah ikuti kursus atau pergi ke tempat yang akan membantumu mendapatkan keterampilan dan kontak yang diperlukan untuk mendapatkan peran impianmu,” kata Jay.

Kamu harus melakukan ini sebelum meninggalkan pekerjaan lamamu. Hal ini untuk memastikan kamu akan menyukai jalan baru yang kamu mulai.

Jay juga menyarankan untuk mengatur wawancara informasi dengan orang-orang yang memiliki peran serupa, sehingga kamu dapat mempelajari sisi yang baik, dan yang buruk.

“Kamu harus punya gambaran lengkap. Tidak memiliki semua informasi yang kamu butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat, dan tidak mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan dari suatu posisi dan perusahaan, adalah kesalahan terbesar,” tegasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan