Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

WHO Sebut Polusi Udara Kini Jadi Ancaman Terbesar Kesehatan Manusia

Foto Ilustrasi polusi udara, pelaku industri disebut tertib lakukan pengendalian emisi.Foto Ilustrasi polusi udara, pelaku industri disebut tertib lakukan pengendalian emisi.

Topcareer.id – Pedoman Kualitas Udara Global (AQGs) WHO yang baru memberikan bukti yang jelas tentang kerusakan yang ditimbulkan polusi udara pada kesehatan manusia, bahkan pada konsentrasi yang lebih rendah daripada yang dipahami sebelumnya.

Pedoman tersebut merekomendasikan tingkat kualitas udara baru untuk melindungi kesehatan populasi, dengan mengurangi tingkat polutan udara utama, beberapa di antaranya juga berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Sejak pembaruan global terakhir WHO tahun 2005, ada peningkatan nyata bukti yang menunjukkan bagaimana polusi udara memengaruhi berbagai aspek kesehatan.

Untuk alasan itu, dan setelah tinjauan sistematis dari akumulasi bukti, WHO telah menyesuaikan hampir semua tingkat AQG ke bawah, memperingatkan bahwa melebihi tingkat pedoman kualitas udara yang baru dikaitkan dengan risiko yang signifikan terhadap kesehatan. Namun, pada saat yang sama, mematuhinya dapat menyelamatkan jutaan nyawa.

Mengutip rilis WHO, setiap tahun, paparan polusi udara diperkirakan menyebabkan 7 juta kematian dini dan mengakibatkan hilangnya jutaan tahun kehidupan yang lebih sehat. Pada anak-anak, ini dapat mencakup penurunan pertumbuhan dan fungsi paru-paru, infeksi pernapasan, dan asma yang memburuk.

“Polusi udara merupakan ancaman bagi kesehatan di semua negara, tetapi paling parah menyerang orang-orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah,” kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam rilisnya pada Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Waspada Lonjakan Covid, Mobilitas Warga Kini Hampir Sama Saat Sebelum Pandemi

Pada orang dewasa, penyakit jantung iskemik dan stroke adalah penyebab paling umum kematian dini yang disebabkan oleh polusi udara di luar ruangan, dan bukti juga muncul tentang efek lain seperti diabetes dan kondisi neurodegeneratif.
Polusi udara adalah salah satu ancaman lingkungan terbesar bagi kesehatan manusia, di samping perubahan iklim.

Peningkatan kualitas udara dapat meningkatkan upaya mitigasi perubahan iklim, sementara pengurangan emisi pada gilirannya akan meningkatkan kualitas udara.

Pedoman baru WHO merekomendasikan tingkat kualitas udara untuk 6 polutan, di mana bukti telah menunjukkan efek kesehatan paling tinggi dari paparan.

Ketika tindakan diambil pada apa yang disebut polutan klasik – partikulat (PM), ozon (O₃), nitrogen dioksida (NO₂) sulfur dioksida (SO₂) dan karbon monoksida (CO), hal itu juga berdampak pada polutan merusak lainnya.

Risiko kesehatan yang terkait dengan partikel yang berdiameter sama atau lebih kecil dari 10 dan 2,5 mikron (µm) (masing-masing PM₁₀ dan PM₂.₅) memiliki relevansi kesehatan masyarakat tertentu. Baik PM.₅ dan PM₁₀ mampu menembus jauh ke dalam paru-paru tetapi PM bahkan dapat memasuki aliran darah, terutama mengakibatkan dampak kardiovaskular dan pernapasan, dan juga mempengaruhi organ lain.

PM terutama dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar di berbagai sektor, termasuk transportasi, energi, rumah tangga, industri, dan dari pertanian. Pada tahun 2013, polusi udara luar ruangan dan partikulat diklasifikasikan sebagai karsinogenik oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) WHO.

“Pedoman Kualitas Udara baru WHO adalah alat berbasis bukti dan praktis untuk meningkatkan kualitas udara tempat semua kehidupan bergantung. Saya mendesak semua negara dan semua yang berjuang untuk melindungi lingkungan kita untuk menggunakannya guna mengurangi penderitaan dan menyelamatkan nyawa.”

Leave a Reply