Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hati-Hati, Suara Umum Ini Bisa Merusak Pendengaran

Sumber foto: scitechdaily.com

Topcareer.id – Apakah kamu sudah memperhatikan kesehatan pendegaranmu dengan baik? Hati-hati ada jenis-jenis suara yang bisa jadi ancaman untuk kesehatan pendengaranmu. Konser live dan sirine bukan satu-satunya ancaman.

Para ahli merekomendasikan untuk menghindari suara yang lebih keras dari 70 desibel (sekitar volume penyedot debu) untuk jangka waktu yang lama. Suara yang lebih keras dari 85 desibel (kira-kira sekeras mesin pemotong rumput) dapat merusak telingamu secara permanen setelah terpapar terlalu lama.

Dan jumlah suara yang mengejutkan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari melebihi ambang batas ini: Tingkat kebisingan rata-rata di bioskop adalah antara 74 dan 104 desibel. Volume maksimum untuk sebagian besar perangkat audio (pemutar MP3, ponsel) berkisar antara 94 dan 110 desibel.

Jika kamu tinggal di daerah perkotaan, di mana sirene (antara 110 dan 129 desibel) dan mesin sepeda motor (antara 80 dan 100 desibel) adalah hal biasa, kamu berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran akibat kebisingan, atau NIHL ((Noise Induced Hearing Loss), daripada orang yang tinggal di lebih banyak wilayah pedesaan.

“Kita biasanya mengalami NIHL sebagai perasaan penuh di telinga kami, bersama dengan tinnitus, atau dering,” kata Dr. John S. Oghalai, seorang ahli THT di Keck Medicine of USC di Los Angeles.

Baca juga: Cemas, Depresi, Dan Stres Bisa Menular Di Tempat Kerja?

“Sementara beberapa gejala ini mungkin hilang dalam satu atau dua hari berikutnya, beberapa kerusakan permanen dapat tetap ada.”

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 12,5% anak-anak dan remaja antara 6 dan 19, dan 17% orang dewasa antara 20 dan 69, telah menderita kerusakan permanen pada pendengaran mereka dari paparan kebisingan yang berlebihan.

Fakta lebih banyak orang telah menggunakan headphone dalam beberapa tahun terakhir telah membuat NIHL lebih umum di Amerika Serikat.

“Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa pada tahun 2050 akan ada satu miliar orang dengan gangguan pendengaran yang melumpuhkan,” menurut artikel Science Friday 2019.**(Feb)

Tinggalkan Balasan