Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ahli: Banyak Pandemi akan Terjadi Kecuali Manusia Lakukan Ini

Suasana pandemi di Inggris. Dok/Financial Times

Topcareer.id – Menurut para ahli di Majelis Umum PBB, pandemi yang lebih besar akan terus terjadi kecuali lebih banyak sumber daya ditargetkan untuk mencegah penyebaran virus dari hewan ke manusia.

Diskusi webinar pada hari Senin (27 September) yang melibatkan para pemimpin pemerintah, kesehatan dan lingkungan mengikuti laporan yang dikeluarkan oleh gugus tugas yang diadakan oleh Universitas Harvard melihat ilmu pencegahan pandemi.

Laporan tersebut menemukan bahwa pandemi dapat dicegah dengan biaya yang relatif minimal dibandingkan dengan biaya global yang ekstrem dari wabah Covid-19.

Sementara rekomendasi utamanya berfokus pada pelestarian hutan, menangani perdagangan hewan dan konsumsi satwa liar, serta meningkatkan biosekuriti ternak.

Penyakit zoonosis telah ditemukan menyebar lebih mudah dari hewan liar, seringkali melalui hewan peliharaan atau hewan ternak, ketika manusia melakukan kontak lebih dekat dengan mereka. Itu bisa jadi akibat deforestasi, perubahan penggunaan lahan atau perburuan atau perdagangan spesies liar.

Sementara penyelundupan satwa liar dilaporkan telah menurun drastis setelah pandemi ini, Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) telah memperingatkan bahwa jaringan perdagangan manusia siap untuk pulih ketika perbatasan internasional dibuka, termasuk di Asia Tenggara.

Ahli lingkungan terkenal Dr Jane Goodall, pembicara utama di acara tersebut, memperingatkan bahwa umat manusia perlu segera mengkalibrasi ulang hubungan dengan alam.

“Kesehatan dan kesejahteraan kita terkait erat dengan kesehatan dan kesejahteraan lingkungan tempat kita tinggal,” katanya.

Pandemi COVID-19, kata dia, disebabkan oleh perusakan tanpa henti terhadap alam dan eksploitasi hewan liar dan domestik. Kami menciptakan kondisi yang memungkinkan patogen menyebar dari hewan ke manusia dengan relatif mudah.

Baca juga: PM Australia: Belum Vaksin?Jangan Kumpul Dengan Yang Sudah Divaksin

“Para ilmuwan yang mempelajari penyakit zoonosis ini telah memperingatkan kita tentang pandemi seperti COVID-19 yang tak terhindarkan selama bertahun-tahun. Sayangnya, kami tidak mendengarkan, sekarang kami membayar harganya.”

Para ahli sepakat bahwa investasi dalam membendung penyakit dan mengembangkan serta meluncurkan vaksin tidak cukup untuk menanggapi masalah yang dapat terus berulang di masa depan.

“Solusi paling adil dan bermoral untuk mempersiapkan pandemi di masa depan adalah dengan mencegahnya sepenuhnya, menghentikannya dari sumbernya; untuk mencegah penyebaran virus dari hewan ke manusia, yang telah menjadi asal mula semua pandemi dalam satu abad terakhir,” kata Dr Nigel Sizer, salah satu pendiri Koalisi untuk Mencegah Pandemi.

Laporan Harvard menemukan bahwa hanya USD4 miliar yang dihabiskan setiap tahun di seluruh dunia untuk kegiatan pencegahan limpahan, sebagian kecil dari perkiraan USD11 triliun yang diakibatkan oleh COVID-19 terhadap ekonomi global.

Pengeluaran antara USD22 miliar dan USD31 untuk metode pencegahan bisa menjadi “transformasi,” menurut Dr Aaron Bernstein, pemimpin Gugus Tugas Ilmiah untuk Mencegah Pandemi di Sumber dari Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

“Tantangan yang kita miliki adalah menyadari bahwa satu dolar yang dihabiskan untuk melestarikan alam adalah satu dolar yang dihabiskan untuk melestarikan diri kita sendiri,” katanya.**(Feb)

Leave a Reply