Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

12 Tanda Mental Kamu Perlu Istirahat (Bagian 2)

Stres. Dok/GRMedCenter

Topcareer.id – Banyak orang merasa lelah secara mental selama pandemi, namun penyakit yang tengah populer di seluruh dunia ini tidak dapat disalahkan atas semua stres yang kamu alami.

Ada sangat banyak alasan mengapa tingkat stres atau kecemasan bisa melonjak, baik itu akibat drama pekerjaan, keluarga, atau hubungan.

Ketika kamu sudah terlalu banyak memikul beban pikiran yang ada dalam hidup, hal-hal yang membahagiakanmu akan mulai bergeser.

Ini jelas melelahkan mental kamu, dan jika kamu sudah merasa semakin tidak kuat, ini pertanda bahwa kamu perlu mengambil langkah untuk istirahat mental.

Berikut ini ada 12 tanda yang memberitahu bahwa dirimu memerlukan istirahat mental.

Lanjutan bagian pertama artikel:

7) Sangat sulit fokus
Apakah kamu merasa pikiranmu melayang di tempat kerja atau di kelas? Bahkan dalam percakapan dengan teman atau anggota keluarga? Itu tanda kelelahan mental.

Tugas-tugas yang biasa kamu lakukan secara mudah pun terasa lebih sulit untuk difokuskan, ini lebih dari sekadar kasus pelupa ringan.

Kamu harus menemukan kembali gairah dalam hal-hal dan pekerjaan yang kamu sukai, atur waktu agar kamu bisa melepaskan diri dari tugas dan bersantai.

8) Ketidakpedulian atas pencapaian
Menyelesaikan tugas dan aktivitas sehari-hari dimaksudkan untuk memberikan setidaknya sejumlah pencapaian dan kepuasan.

Jika kamu bosan sepanjang waktu atau hanya menunggu waktu berlalu, itu juga merupakan tanda kamu sudah mengalami kelelahan mental.

9) Negatif thinking dan mudah tersinggung
Jika kamu mulai sering melampiaskan perasaan buruk pada orang lain atau merasa kesal lebih dari biasanya, itu pertanda mental kamu lelah.

Pada tahap awal, burnout sering menimbulkan perasaan tegang dan mudah tersinggung yang dapat meningkat menjadi ledakan kemarahan pada pihak yang tidak bersangkutan.

Jika kamu selalu rewel, perhatikan akar dari frustrasimu itu, jika terus bereaksi berlebihan, sudah waktunya untuk berlibur atau pergi ke pantai.

10) Memikirkan hal kamu anggap baik padahal merugikan
Jika satu-satunya hal yang kamu pikirkan ke depan adalah kamu bisa menikmati banyak minuman beralkohol, ini sudah menjadi tanda kamu lelah mental.

Cobalah cari teknik relaksasi baru agar kamu tidak harus terjerumus dalam pesta alkohol.

Baca juga: Pentingnya Istirahat saat Bekerja

11) Kehilangan gairah dan minat
Jika kamu kehilangan gairah dan minat pada hal-hal yang dulu kamu sukai secara aktif seperti pergi makan bersama, atau pergi ke bioskop, ini pertanda mental kamu lelah.

Apabila segala sesuatunya terasa sia-sia, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu mengisi ulang dirimu.

Cari bantuan profesional jika depresi menyebabkanmu kehilangan gairah dan minat.

12) Kamu tidak peduli diri sendiri
Memprioritaskan pekerjaan daripada janji temu dokter, menemukan diri terlalu lelah untuk mandi, pasti kamu sudah kelelahan secara mental.

Istirahat mental akan membantu kamu mengatur ulang jadwal sehingga kamu bisa berhenti mengabaikan kesehatan atau kebersihan.

Merawat diri sendiri itu penting, mulailah dengan mandi busa dan membaca buku favorit untuk mengobati mental yang lelah.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan