Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

14 Karbo yang Baik untuk Menu Diet Sehat Kamu (Bagian 1)

Dok/Medhaavi.in

Topcareer.id – Karbohidrat merupakan komponen penting dari diet, dan banyak makanan berkarbohidrat tinggi menawarkan manfaat kesehatan yang sangat baik.

Sayangnya dalam beberapa dekade terakhir ada sangat banyak penilaian negatif seputar karbohidrat.

Padahal sebenarnya karbo salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh bersama dengan protein dan lemak.

Karbo sangat penting tidak hanya untuk bertahan hidup dan berfungsi dengan baik, tetapi juga untuk berkembang.

Memang karbohidrat olahan yang diproses umumnya menawarkan sedikit atau tanpa nilai gizi, tapi sumber karbohidrat yang tidak diproses biasanya bergizi dan bisa menyehatkan.

Yuk simak 14 makanan tinggi karbohidrat berikut ini yang bisa kamu tambahkan dalam daftar menu sehat kamu.

Bagian pertama dari artikel:

1) Oat
Serat prebiotik yang ditemukan dalam oat membantu memicu probiotik tubuh, suatu bakteri ramah yang hidup di saluran pencernaan.

Penelitian telah menghubungkan beta-glukan, sejenis serat larut yang ditemukan dalam oat, dapat menurunkan kolesterol.

2) Kentang
Kentang adalah sumber nutrisi dan dapat mengemas hingga 4 gram protein nabati, hampir 5 gram serat, dan 25% potasium yang tubuhmu butuhkan sehari-hari.

Pilih kentang besar atau satu kentang kecil sebagai ukuran porsi kamu, bumbui seperti sayuran lainnya, dan siap untuk dimakan.

3) Quinoa
Biji gandum atau quinoa merupakan biji-bijian yang kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral.

Quinoa nutrisinya yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Biji gandum lebih tinggi vitamin B dibandingkan dengan biji-bijian lain.

Quinoa baik untuk tubuh dengan membantu mengubah makanan yang kamu makan menjadi bahan bakar yang kamu gunakan untuk energi.

4) Plum
Kandungannya penuh dengan potasium, kalsium, dan magnesium. Plum seperti hadiah alam untuk tulang kamu.

Makan plum kering secara teratur bersama dengan makanan kaya serat dan kaya mineral lainnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe II.

Semakin banyak magnesium dalam makananmu, itu dapat membantu tubuhmu memetabolisme glukosa secara lebih efisien.

Baca juga: 7 Alasan Kuat untuk Mencoba Plant Based Diet

5) Biji kacang-kacangan
Biji kacang-kacangan kering sepeti lentil, buncis, dan kacang polong yang dapat dimakan adalah protein nabati dan dikemas dengan serat, mineral, dan vitamin B, yang membantu fungsi sistem saraf dan otot.

Satu cup nya memiliki sekitar 8 gram protein setara dengan daging yang memiliki lebih banyak lemak jenuh. Harganya juga jauh lebih murah daripada daging sapi

6) Labu
Satu cup pure labu putih mengandung lebih banyak vitamin A daripada yang lainnya.

Ini yang membuatnya menjadi pengganti yang bagus jika ingin sayuran berkalori rendah.

Selain kandungan zat besinya, labu juga dikemas dengan beta-karoten, suatu antioksidan penting untuk penglihatan dan kulit.

7) Soba
Soba adalah biji bebas gluten yang merupakan makanan pokok dalam masakan Eropa Timur, serta merupakan bahan dasar tepung yang digunakan dalam makanan resep Asia.

Sebagai gandum utuh 100%, manfaat soba tidak terbatas. Bisa kamu gunakan sebagai pengganti oatmeal saat sarapan.

Soba mengandung fitonutrien, serat, dan antioksidan utama yang terkait dengan pengurangan risiko penyakit kronis.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan