Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Utang Pemerintah Terus Membengkak, Pada Agustus Tercatat Rp6.625,43 T

uang dalam rupiahUang rupiah. (dok. The Jakarta Post)

Topcareer.id – Utang pemerintah terus membengkak. Per akhir Agustus 2021, posisi utang pemerintah Indonesia berada di angka Rp6.625,43 triliun, di mana rasio utang pemerintah terhadap PDB sebesar 40,85 persen.

Dikutip dari laman APBN Kita pada Rabu (29/9/2021), posisi utang Pemerintah Pusat mengalami kenaikan sebesar Rp55,27 triliun apabila dibandingkan posisi utang akhir Juli 2021. Itu artinya dalam sebulan saja, utang pemerintah bertambah Rp55,27 triliun.

“Kenaikan utang Indonesia terutama disebabkan adanya kenaikan utang dari Surat Berharga Negara Domestik sebesar Rp80,1 triliun sementara utang Surat Berharga Negara dalam valuta asing mengalami penurunan sebesar Rp15,42 triliun,” tulis laman APBN Kita.

Hal yang sama terjadi juga untuk Pinjaman di mana terjadi penurunan sebesar Rp9,41 triliun.

Baca juga: Hore! Cakupan Penerima BSU Diperluas, Sasar 1,7 Juta Pekerja

Pemulihan ekonomi Indonesia akibat dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini masih berlangsung dan untuk tetap menjaga pengelolaan utang yang hati-hati, terukur dan fleksibel di masa pandemi ini langkah langkah pengelolaan utang telah dilakukan Pemerintah di antaranya dengan menjaga komposisi utang SBN domestik lebih besar daripada utang dalam bentuk valuta asing.

Dalam laman tersebut dikatakan, pada saat pandemi hampir semua negara terutama negara berkembang mengalami peningkatan utang akibat adanya peningkatan belanja terutama untuk sektor kesehatan.

“Seperti penyediaan vaksin, infrastruktur kesehatan dan hal lain yang terkait dengan kesehatan serta perlindungan sosial bagi masyarakat.”

Tinggalkan Balasan