Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Kemendag Targetkan 14 Pasar Rakyat Terapkan Aplikasi PeduliLindugi

Aplikasi PeduliLindungi

Topcareer.id – Saat ini, ada enam pasar yang telah siap melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi. Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan 14 pasar rakyat untuk dijadikan percontohan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

“Penerapan protokol kesehatan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sangat penting agar kegiatan ekonomi dapat tetap berjalan meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam kunjungannya ke Pasar Modern 8 Alam Sutera, Kamis (30/9/2021).

Menurut Mendag, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan pada pelaksanaan uji coba implementasi aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat.

Persiapan meliputi, memastikan seluruh pedagang dan pengelola pasar tersebut sudah tervaksinasi, penerapan protokol kesehatan secara disiplin di pasar tersebut, adanya akses pintu masuk dan pintu keluar yang terpantau pengelola, memiliki standard operating procedure (SOP) dalam protokol kesehatan yang diterapkan, serta ketersediaan sumber daya manusia dalam melakukan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

“Kesuksesan implementasi aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat sangat tergantung pada kesadaran dan peran aktif masyarakat terhadap pengendalian Covid-19 serta kesiapan pengelola pasar rakyat, khususnya dalam sosialisasi, pemeriksaan, dan pemantauan,” ujarnya.

Baca juga: Catat! Anak-Anak Dilarang Lakukan Ini Saat Pandemi

Selain itu, tambah Mendag, diperlukan kesiapan sarana pencegahan Covid-19 di pasar rakyat, seperti fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, masker, dan alat pengukur suhu tubuh (thermogun).

Berdasarkan hasil survei Kemendag, tingkat vaksinasi pedagang pasar secara nasional telah mencapai 62 persen.

Sementara, di Pasar Modern 8 Alam Sutera tingkat vaksinasi pengelola telah mencapai 100 persen dan pedagang mencapai 97,9 persen. Sedangkan, skor indeks pengendalian Covid-19 di Provinsi Banten tercatat sebesar 82.

Pasar Modern 8 Alam Sutera saat ini juga telah menerapkan digitalisasi pasar dengan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Namun, dikarenakan masih banyaknya pembeli yang lebih suka menggunakan uang tunai, membuat QRIS belum dimanfaatkan secara maksimal.

Mendag menambahkan, penerapan aplikasi PeduliLindungi dan vaksinasi adalah langkah konkret untuk bersama-sama bangkit di masa pandemi ini.

Tinggalkan Balasan