Topcareer.id – Salah satu keterampilan yang paling penting dalam komunikasi yang efektif adalah mendengarkan secara aktif.
Keterampilan komunikasi ini bisa bermanfaat bagi kamu baik di dalam maupun di luar tempat kerja.
Memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan instruksi, ide, dan konsep dengan jelas dapat membantumu menemukan kesuksesan dalam karier apa pun.
Mengembangkan soft skill ini akan membantumu membangun dan memelihara hubungan dan memecahkan masalah.
Untuk membantumu memahami keterampilan mendengarkan secara aktif dan mempelajari cara meningkatkan keterampilan itu sendiri, pertimbangkan latar belakang dan contoh berikut.
Apa itu mendengarkan aktif?
Mendengarkan secara aktif adalah kemampuan untuk fokus sepenuhnya pada pembicara, memahami pesan mereka, memahami informasi, dan merespons dengan penuh pertimbangan.
Tidak seperti mendengarkan pasif, yang merupakan tindakan mendengarkan pembicara tanpa menyimpan pesan mereka.
Pendengar aktif menggunakan teknik verbal dan non-verbal untuk menunjukkan dan menjaga perhatian mereka pada pembicara.
Ini tidak hanya mendukung kemampuanmu untuk fokus, tetapi juga membantu memastikan pembicara dapat melihat bahwa kamu fokus.
Berikut adalah beberapa manfaat menjadi pendengar aktif:
Membantu kamu membangun koneksi
Mendengarkan secara aktif membantu orang lain merasa nyaman berbagi informasi dengan kamu.
Ketika kamu menunjukkan kemampuanmu untuk dengan tulus mendengarkan apa yang orang lain katakan, orang akan lebih tertarik untuk berkomunikasi denganmu secara teratur.
Ini dapat membantu membuka peluang untuk berkolaborasi dengan orang lain atau memulai proyek baru.
Semua itu bisa membantu membawa dirimu menuju kesuksesan dalam karier.
Membantumu membangun kepercayaan
Ketika orang tahu bahwa mereka dapat berbicara dengan bebas kepada kamu tanpa interupsi, judge, atau interjeksi yang tidak diinginkan, mereka akan lebih mungkin untuk curhat kepada kamu.
Ini sangat membantu ketika bertemu dengan pelanggan baru atau kontak bisnis dengan siapa pun untuk mengembangkan hubungan kerja jangka panjang.
Baca juga: Teknik Mendengar yang Efektif Saat Rapat
Membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah
Mendengarkan orang lain secara aktif akan membantu kamu mendeteksi tantangan dan kesulitan yang dihadapi orang lain, atau masalah dalam proyek.
Semakin cepat kamu dapat menemukan masalah ini, semakin cepat kamu bisa menemukan solusi atau membuat rencana untuk mengatasinya.
Karyawan yang hebat selalu berusaha untuk mendengarkan dan mempelajari sesuatu yang baru dan mengembangkan basis pengetahuan mereka.
Membantu menghindari kehilangan informasi penting
Karena pendengar aktif sangat terlibat dengan pembicara, mereka dapat mengingat detail spesifik.
Ini sangat penting ketika pembicara sedang menginstruksi sesuatu, ini juga bisa melatih kamu tentang proses menjadi pendengar aktif**(Feb)