Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Jadi Kandidat Idaman di Pameran Kerja Online (Bagian 2)

Topcareer.id – Salah satu cara terbaik mendapat pekerjaan bagus, adalah dengan menemukannya di job fair atau yang biasa disebut pameran kerja.

Namun, dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, meraih keberhasilan di job fair, yang kini banyak dilakukan secara online, jadi tantangan tersendiri, termasuk bagaimana kamu harus mempersiapkan diri kamu.

Nah, enggak usah sedih kalau kamu masih bingung, simak tips sukses dari Jon Frye, koordinator pemasaran dan komunikasi di Career Center, dan Alyson Kavalukas, koordinator magang, seperti dikutip dari Pitt Wire.

Bagian akhir dari artikel

Pakai baju yang rapi
“Menjadi virtual bukanlah undangan untuk bersikap santai,” kata Kavalukas. Ia merekomendasikan agar siswa mengenakan pakaian profesional bisnis seperti jas, dasi, kemeja, atau blus ke pertemuan.

Perkenalkan diri dengan baik
Bersiaplah dengan informasi seperti nama dan beberapa hal penting lain saat perkenalan.

Kamu bisa melatih diri kamu terlebih dahulu di depan kaca atau temanmu sehingga di momen nyata nanti kamu berbicara dengan jelas dan percaya diri.

Baca juga: Peluang Kerja Mulai Melimpah Lho, Mulailah Lakukan Ini

Aktif bertanya dan menjawab
Tanyakan kepada calon pemberi kerja beberapa hal yang menarik rasa penasaranmu, dan bersiaplah untuk mendiskusikan mengapa kamu tertarik pada organisasi atau perusahaan tertentu.

“Aturan praktis yang baik adalah menyiapkan pertanyaan tentang perusahaan, pertanyaan tentang posisi, dan pertanyaan tentang perekrut,” ujar Kavalukas.

Tindak lanjut
Jika wawancara kamu berjalan dengan baik, ikuti instruksi khusus mereka dan tanggapi dengan cepat.

Pastikan juga kamu benar-benar telah menyelesaikan proses aplikasi — beberapa memerlukan dokumen atau referensi tambahan.

Sabarlah menanti panggilan
“Perlu diingat bahwa perekrut dijadwalkan untuk pergi ke pameran di beberapa tempat dan seringkali tidak mulai menjadwalkan wawancara sampai beberapa minggu setelahnya. Jadi, dibutuhkan kesabaran,” katanya.

Ingat, persiapkan diri kamu juga untuk melamar pekerjaan lain, jika kamu tidak kunjung mendapat panggilan setelah melewati waktu yang ditentukan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan