Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, November 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Terdengar Pintar saat Wawancara Kerja (Bagian 2)

Topcareer.id – Wawancara tidak mudah. Tidak cukup hanya mengetahui cara menjawab pertanyaan, kamu tentu perlu mengetahui cara bagaimana menonjol daripada yang lain, misal dengan terdengar dan terlihat lebih pintar.

Melansir Ladders, berikut cara bagaimana kamu bisa terdengar lebih pintar selama wawancara kerja. Dengan begitu, kamu dapat menempatkan dirimu pada posisi yang jauh lebih baik.

4. Tahu bagaimana menjawab pertanyaan “kelemahan”

Kamu mungkin pernah mendapat pertanyaan “apa kelemahan terbesar Anda” saat wawancara. Kamu tidak ingin memberikan jawaban seperti “Saya terlalu peduli.” Tetapi kamu juga tidak ingin memberikan jawaban yang mungkin membuat perekrut meragukan kualifikasimu untuk pekerjaan itu.

Gunakan kecakapanmu dalam bercerita. Pertama, pilih kelemahan yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya, jika kamu melamar posisi penjualan layanan makanan, kamu mungkin mengakui bahwa kamu tidak pandai membuat spreadsheet. Di sebagian besar posisi penjualan, keterampilan ini tidak terlalu diperlukan.

Setelah berbicara tentang kelemahan ini, beri tahu perekrut apa yang telah kamu lakukan untuk mengatasi atau mengurangi kelemahan ini.

5. Hubungkan “titik-titik”

Saat kamu mendengarkan, mengajukan pertanyaan, dan bercerita, kamu harus memiliki relevansi di benakmu. Ketika menyangkut wawancara kerja, relevansi mengacu pada mengetahui bagaimana menerapkan rincian pengalaman kerjamu dengan persyaratan posisi yang kamu wawancarai.

Baca juga: Trik Bikin Hard Skill Kamu Menonjol Di Resume

Kamu dapat memiliki pengalaman paling luas di dunia, tetapi tidak masalah jika kamu tidak dapat menunjukkan kepada pewawancara bagaimana latar belakangmu terkait dengan kualitas yang mereka cari.

Pakar wawancara kerja Don Georgeovitch mengemukakan bahwa orang yang memahami konsep ini “dengan jelas menunjukkan kepada pewawancara bagaimana latar belakang dan tujuan karier mereka konsisten dengan persyaratan untuk pekerjaan itu.”

6. Beri tahu mereka sesuatu yang tidak mereka ketahui

Trik praktis lainnya bagi mereka yang ingin terdengar lebih pintar selama wawancara kerja adalah memberi tahu manajer perekrutan sesuatu yang tidak mereka ketahui. Cari tahu beberapa hal sepele. Bahkan informasi yang tidak berguna dapat menyampaikan bahwa kamu adalah orang yang berpengetahuan.

Kamu akan mendapatkan poin bonus jika kamu dapat dengan santai menyebutkan informasi yang tidak diketahui secara luas. Tidak harus sesuatu yang inovatif. Jika kamu mengemukakan sesuatu yang menggiurkan yang tidak disadari oleh pewawancara, kamu akan mengangkat profilmu di mata mereka.**(Feb)

Tinggalkan Balasan