Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Terdengar Pintar saat Wawancara Kerja (Bagian 1)

Dok. Money Crasher

Topcareer.id – Wawancara tidak mudah. Tidak cukup hanya mengetahui cara menjawab pertanyaan, kamu tentu perlu mengetahui cara bagaimana menonjol daripada yang lain, misal dengan terdengar dan terlihat lebih pintar.

Melansir Ladders, berikut cara bagaimana kamu bisa terdengar lebih pintar selama wawancara kerja. Dengan begitu, kamu dapat menempatkan dirimu pada posisi yang jauh lebih baik.

1. Sempurnakan seni mendengarkan

Percaya atau tidak, bagian terpenting dari wawancara bukanlah apa yang kamu katakan, melainkan bagaimana kamu mendengarkan. Jika kamu hanya fokus pada apa yang ingin dikatakan, kamu mungkin kehilangan kesempatan untuk membuat manajer perekrutan kagum. Dengan berlatih mendengarkan secara aktif, kamu dapat mengidentifikasi area di mana kamu dapat membuat dirimu bersinar.

Ada dua cara untuk melakukan ini. Pertama, jangan takut untuk meminta pewawancara mengulangi pertanyaan jika kamu merasa tidak sepenuhnya memahami apa yang ditanyakan. Selanjutnya, rangkum apa yang dikatakan pewawancara untuk menegaskan bahwa kamu memahami apa yang mereka katakan.

2. Ajukan pertanyaan cerdas

Jika kamu ingin terlihat lebih pintar, kamu harus mengajukan pertanyaan yang cerdas. Pertanyaan yang kamu pilih untuk diajukan akan membentuk bagaimana pewawancara memandangmu. Ada sejumlah pertanyaan berbeda yang dapat kamu ajukan, tetapi berikut adalah beberapa contohnya:

Baca juga: Tips Jadi Kandidat Idaman Di Pameran Kerja Online (Bagian 2)

  • Apa yang paling Anda sukai dari bekerja di perusahaan ini?
  • Jelaskan bagaimana hari-hari biasa akan berkembang untuk seseorang dalam posisi ini.
  • Bagaimana seseorang mengembangkan jalur karier di perusahaan ini?

3. Ceritakan sesuatu

Bercerita adalah salah satu cara paling efektif untuk mengambil hati orang lain. Hal yang sama berlaku selama wawancara kerja. Terkadang manajer perekrutan mungkin memintamu untuk menggambarkan situasi di mana kamu harus memecahkan masalah. Orang lain mungkin hanya bertanya kepadamu bagaimana kamu akan menangani masalah yang sulit.

J.T. O’Donnell, pendiri dan CEO Work It Daily, menyediakan kerangka kerja yang dapat kamu terapkan saat menggunakan cerita untuk menjawab pertanyaan. Dia menyebutnya model “pengalaman + belajar = tumbuh.” Dia menunjukkan bahwa kuncinya adalah menjawab dengan cukup detail, tetapi tanpa berlebihan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan