Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Konten Selebriti di Instagram Bikin Insecure

Topcareer.id – Bintang media sosial utama termasuk Kim Kardashian dan Justin Bieber termasuk di antara selebriti yang pengikut Instagramnya mengalami perasaan lebih negatif tentang citra diri mereka.

Hal ini berdasarkan penelitian internal Facebook yang diungkapkan oleh Wall Street Journal (WSJ) tentang dampak budaya selebriti online.

WSJ merilis dek slide penelitian yang bocor pada hari Rabu (29/9), yang menjadi dasar artikel mengenai Facebook yang tahu aplikasinya membahayakan kesehatan mental remaja.

Penelitian yang berjudul “Social comparison on Instagram,” menyurvei 100.000 orang pada Maret dan April 2020 di sembilan negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Brazil.

Juru bicara Facebook Kevin McAlister mengatakan responden survei tidak diminta untuk menyebutkan akun tertentu.

Namun, peneliti menemukan akun selebriti adalah “akun yang paling sering dilihat bagi orang-orang yang mengalami tingkat perbandingan sosial negatif tinggi atau rendah di Instagram,” berdasarkan data internal perusahaan.

Facebook mencatat temuan itu masuk akal karena selebritas yang terdaftar masing-masing akun memiliki lebih dari 30 juta pengikut.

Peneliti Facebook tidak mempelajari apakah paparan pengguna terhadap akun selebriti tersebut menyebabkan perasaan negatif tentang diri mereka sendiri.

Baca juga: Ini Sisi Buruk Instagram yang Harus Kamu Waspadai

Penyanyi Ariana Grande dan model Kendall Jenner termasuk di antara selebriti yang pengikutnya merasakan adanya perbandingan sosial yang lebih negatif.

Peneliti Facebook mencatat bahwa perusahaan dapat bermitra dengan selebriti Instagram untuk berkampanye tentang mengurangi perbandingan sosial negatif.

Para peneliti Facebook menemukan lebih banyak konten selebriti di feed Instagram yang terkait dengan lebih banyak perbandingan negatif.

Hampir setengah dari konten yang dilihat orang di Instagram berasal dari selebriti, menurut penelitian tersebut.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan