Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, November 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Tips Jaga Kesehatan Mental, Apa Saja?

Topcareer.id – Tak bisa dipungkiri di tengah pandemi, kesehatan mental menjadi hal yang perlu mendapat perhatian lebih.

Bagaimana tidak? Terlalu lamanya kita menjalani aktivitas di rumah dan banyak keluarga maupun kerabat yang meninggal akibat virus corona tentu memengaruhi mental dan kesehatan kita.

Untuk itu, Psikolog Klinis Dewasa, Nago Tejena dan External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya membagikan tips merelaksasi pikiran untuk menjaga kesehatan mental. Berikut informasinya.

Kurangi Penggunaan Media Sosial
Terlalu sering membuka media sosial bisa membuat kita menjadi mudah cemas karena informasi yang masuk berlebih dan di luar batas kemampuan kita untuk mengendalikannya.

Untuk itu Nago menyarankan agar kita membuka media sosial atau internet hanya untuk mencari berita yang memang diperlukan.

“Namun jangan lupa juga untuk mencari hal-hal lain yang lebih menyenangkan, menghibur atau menginspirasi agar suasana hati lebih tenang,” ujarnya pada Senin (11/10/2021).

Baca juga: PT Honda Prospect Motor Buka Lowongan, Cek di Sini

Memasak Bersama Keluarga
Menurutnya hobi memasak semakin digemari masyarakat di tengah pandemi. Sebab fungsi memasak bukan cuma untuk sebagai hiburan atau pengalihan. Namun memasak bisa membantu kita untuk tetap produktif, sehingga tidak hanya pasif lantaran dipaksa pandemi.

“Bahkan banyak yang memulai bisnis daring makanan dan minuman dari rumah. Terlihat dari jumlah UMKM lokal yang berjualan makanan dan minuman lewat Tokopedia Nyam meningkat lebih dari 4x lipat selama Juli 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu,” tambah Ekhel.

Percantik Halaman dengan Berkebun
Nah, selain menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga dipercaya bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi.

“Berkebun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mental kita. Kita bisa melatih konsentrasi, menata dengan mindful, serta kembali terkoneksi dengan alam yang mungkin selama ini kita tinggalkan,” jelas Nago.

Melakukan Olahraga di Rumah
Selain membuat tubuh lebih bugar, ternyata olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

“Matras senam, pakaian olahraga serta alat olahraga yang dapat digunakan di rumah menjadi produk olahraga paling diburu masyarakat di kategori Olahraga di Tokopedia belakangan ini,” imbuh Ekhel.

Bila Rasa Cemas Berlarut, Hubungi Ahli
Lebih lanjut Nago menjelaskan bahwa gangguan kecemasan yang berlebih dapat mengganggu pola hidup atau membuat selalu gelisah. Ini menjadi tanda seseorang perlu bantuan profesional.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar masyarakat yang mengalami cemas yang berlangsung cukup lama untuk meminta bantuan orang yang memang berpengalaman.

“Meminta bantuan profesional kesehatan mental bukanlah suatu hal yang memalukan. Justru langkah tersebut adalah bukti bahwa kita peduli dan sadar akan pentingnya menjaga diri,” tutup Nago.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan