Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Studi: COVID-19 Tingkat Ringan Hasilkan Antibodi yang Tahan Lama

Ilustrasi sakit. Dok/Dreamstime

Topcareer.id – Orang yang menderita penyakit COVID-19 ringan akan mengembangkan sel penghasil antibodi yang dapat bertahan seumur hidup.

Beberapa bulan setelah pulih dari kasus ringan COVID-19, orang masih memiliki sel kekebalan dalam tubuh mereka yang memompa antibodi melawan virus penyebab COVID-19.

Studi dilakukan oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature, menunjukkan bahwa kasus ringan COVID-19 membuat mereka yang terinfeksi memiliki perlindungan antibodi yang bertahan lama dan serangan penyakit yang berulang cenderung jarang terjadi.

“Musim gugur yang lalu, ada laporan bahwa antibodi berkurang dengan cepat setelah infeksi virus yang menyebabkan COVID-19, dan media arus utama menafsirkan bahwa kekebalan tidak berumur panjang,” kata penulis senior Ali Ellebedy, PhD, seorang profesor asosiasi patologi & imunologi, kedokteran dan mikrobiologi molekuler.

“Tapi itu salah interpretasi data. Itu normal untuk tingkat antibodi turun setelah infeksi akut, tetapi mereka tidak turun ke nol. Di sini, kami menemukan sel penghasil antibodi pada orang 11 bulan setelah gejala pertama. Sel-sel ini akan hidup dan menghasilkan antibodi selama sisa hidup manusia. Itu bukti kuat untuk kekebalan jangka panjang.” Jelas Ellebedy.

Selama infeksi virus, sel-sel kekebalan yang memproduksi antibodi dengan cepat berkembang biak dan bersirkulasi dalam darah, mendorong tingkat antibodi setinggi langit.

Setelah infeksi teratasi, sebagian besar sel tersebut mati, dan tingkat antibodi darah turun.

Sebuah populasi kecil sel penghasil antibodi, yang disebut sel plasma berumur panjang, bermigrasi ke sumsum tulang dan menetap, di mana mereka terus-menerus mengeluarkan antibodi tingkat rendah ke dalam aliran darah untuk membantu menjaga dari pertemuan lain dengan virus.

Kunci untuk mengetahui apakah COVID-19 mengarah pada perlindungan antibodi jangka panjang, Ellebedy menyadari, terletak pada sumsum tulang.

Untuk mengetahuinya, Ellebedy bekerja sama dengan rekan penulis Iskra Pusic.,MD, seorang profesor kedokteran.

Ellebedy juga bekerja dengan rekan penulis Rachel Presti, MD, PhD, seorang profesor kedokteran, dan Jane O’Halloran, MD, PhD, asisten profesor kedokteran, pada sebuah proyek pelacakan tingkat antibodi dalam sampel darah dari COVID-19 pada orang yang selamat.

Tim telah mendaftarkan 77 peserta yang memberikan sampel darah dengan interval tiga bulan mulai sekitar satu bulan setelah infeksi awal.

Sebagian besar peserta memiliki kasus COVID-19 ringan, hanya enam yang dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Gejala Ringan, Sedang, dan Parah dari COVID-19

Dengan bantuan Pusic, Ellebedy dan rekannya memperoleh sumsum tulang dari 18 peserta tujuh atau delapan bulan setelah infeksi awal mereka.

Seperti yang diharapkan, tingkat antibodi dalam darah peserta COVID-19 turun dengan cepat dalam beberapa bulan pertama setelah infeksi, namun beberapa antibodi masih terdeteksi bahkan 11 bulan setelah infeksi.

Selanjutnya, 15 dari 19 sampel sumsum tulang dari orang yang pernah mengidap COVID-19 mengandung sel penghasil antibodi yang secara khusus menargetkan virus penyebab COVID-19.

Sel-sel seperti itu masih dapat ditemukan empat bulan kemudian pada lima orang yang kembali untuk memberikan sampel sumsum tulang kedua.

Tak satu pun dari 11 orang yang tidak pernah memiliki COVID-19 memiliki sel penghasil antibodi di sumsum tulang mereka.

“Orang dengan kasus COVID-19 ringan membersihkan virus dari tubuh mereka dua hingga tiga minggu setelah infeksi, sehingga tidak akan ada virus yang mendorong respons imun aktif tujuh atau 11 bulan setelah infeksi,” kata Ellebedy.

“Sel-sel ini tidak membelah. Mereka diam, hanya duduk di sumsum tulang dan mengeluarkan antibodi. Mereka telah melakukan itu sejak infeksi teratasi, dan mereka akan terus melakukannya tanpa batas.”

Namun, belum diselidiki apakah mereka yang mengalami infeksi yang lebih parah akan terlindungi dari serangan penyakit di masa depan.

Tim peneliti masih perlu mereplikasi penelitian pada orang dengan infeksi sedang hingga berat untuk memahami apakah mereka mungkin terlindungi dari infeksi ulang.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply