Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Kembali Cari Kerja setelah Lama Menganggur (Bagian 1)

Topcareer.id – Sempat berhenti bekerja lama karena fokus berumah tangga dan sebagainya, lalu berniat untuk kembali memasuki pasar kerja? Hmm, ada baiknya jangan terlalu terburu-buru, karena langkah ini bukan sesuatu yang mudah.

Dikutip dari Real Simple, ada beberapa persiapan mental yang perlu kamu lakukan sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk lagi ke pasar kerja.

Ini diperlukan agar kamu tak merasa kikuk, salah langkah, dan mengacaukan kesempatan lantaran kaget dengan irama dan arus kerja yang sudah lama kamu lepaskan.

Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan? Berikut beberapa hal yang kamu perlu tahu.

Bagian awal dari artikel

Ambil waktu untuk persiapkan diri
Tarik napas dulu. Tanyakan ke diri kamu tentang minat dan arah kamu dalam bekerja di masa sekarang. Ini akan jadi strategi yang baik sebelum kamu benar benar terjun untuk melakukan pencarian kerja.

“Periode jeda ini mungkin memengaruhi minat, hasrat, dan rencana Anda. Jadi luangkan waktu untuk meneliti peran dan organisasi untuk mendapatkan kejelasan tentang apa yang ingin Anda lakukan dan jenis organisasi yang Anda inginkan, untuk menjadi bagian darinya,” kata Carol Camerino, penasihat karier di University of Phoenix Career Services.

Baca juga: Mendengarkan secara Aktif adalah Kunci Komunikasi Sukses, Ini Alasannya

Bangun kepercayaan diri kamu
Bagi banyak orang, mencari pekerjaan terasa seperti menuju ke medan perang. Ini karena kamu harus bersaing untuk mendapatkan tawaran.

Itu kenapa, adalah normal untuk merasa tidak pasti, terutama jika kamu khawatir telah kehilangan sebagian kehebatan kamu saat tidak bekerja.

Di sinilah, akan sangat penting untuk mengingatkan diri sendiri tentang bakat dan kemampuan kamu, kata pelatih kepercayaan diri, Holly Caplan.

“Mengalami kehilangan pekerjaan dapat memicu ketakutan, kecemasan, dan keyakinan yang membatasi,” jelas Caplan.

“Sangat penting untuk menemukan kepercayaan diri itu lagi, untuk menunjukkan pada diri sendiri bahwa kamu spesial dan berbakat.”

Ketuk jaringan kamu
Ini adalah saatnya untuk menjangkau orang-orang yang kamu kenal, kagumi, dan memiliki akses ke perusahaan impian kamu.

Jelaskan jenis peluang yang kamu cari di pasar, bersama dengan resume kamu.

Carilah atasan yang paham dengan kepentingan keluarga
Bagi para orangtua, terutama ibu yang berniat untuk kembali ke peran profesional mereka, akan sangat bermanfaat jika mendapat atasan yang mendukung dan paham kebutuhan kita.

Menurut Joy Altimare, kepala pemasaran di EHE Health. Atasan dengan kriteria itu biasanya memiliki kebijakan individual yang menawarkan manfaat luar biasa seperti cuti hamil/bersalin yang kompetitif, hingga penitipan anak di tempat.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan