Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Kembali Cari Kerja setelah Lama Menganggur (Bagian 2)

Topcareer.id – Sempat berhenti kerja dalam waktu yang lama karena fokus berumah tangga dan sebagainya, lalu berniat untuk kembali memasuki pasar kerja? Hmm, ada baiknya jangan terlalu terburu-buru, karena langkah ini bukan sesuatu yang mudah.

Dikutip dari Real Simple, ada beberapa persiapan mental yang perlu kamu lakukan sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk lagi ke pasat kerja.

Ini diperlukan agar kamu tak merasa kikuk, salah langkah, dan mengacaukan kesempatan lantaran kaget dengan irama dan arus kerja yang sudah lama kamu lepaskan.

Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan? Berikut beberapa hal yang kamu perlu tahu.

Bagian akhir dari artikel

Lawan rasa rendah hati
Katakanlah selama pencarian kerja, kamu menemukan posisi terbuka di mana kamu memenuhi sebagian besar persyaratan, namun tetapi tidak semua. Apakah kamu akan langsung menyerah?

Menurut studi, sementara pria biasanya cenderung mencobanya, wanita cenderung tidak melakukannya karena mereka meragukan diri mereka sendiri dan keterampilan mereka.

Akhirnya, Ini mejadi peluang besar yang terlewatkan bagi wanita di mana pun.

“Sebagian besar keterampilan benar-benar dapat dialihkan, dan kita hanya perlu dibingkai agar sesuai dengan pekerjaan tertentu yang dihadapi,” kata Christine Cruzvergara, kepala petugas strategi pendidikan di Handshake.

Baca juga: Mendengarkan secara Aktif adalah Kunci Komunikasi Sukses, Ini Alasannya

Jadi intinya? Jangan malu. Cobalah lamaran yang menarik minat kamu, meskipun itu tidak 100 persen cocok dengan riwayat karier kamu.

Skenario terburuk? Perusahaan akan mempekerjakan orang lain, dan kamu akan mendapatkan beberapa latihan wawancara yang bagus dari perusahaan tersebut.

Evaluasi kembali tujuan dan perbarui personal branding kamu
Saat kita keluar dari pandemi dan memeriksa setiap aspek kehidupan kita, penting untuk diingat bahwa kita bukanlah diri kita yang dulu pada 2020 silam.

Saat ini, kamu mungkin terinspirasi untuk mencari pekerjaan hybrid, atau pola kerja dengan sudut pandang yang baru. Itu kenapa, kamu perlu memperbarui personal branding kamu agar sesuai dengan misi dan visi kamu sekarang.

Jangan takut bernegosiasi
Sekarang bukan waktunya untuk menerima bayaran kurang dari yang pantas kamu dapatkan.

Jangan biarkan gap kamu membuatmu merasa pantas untuk menerima tawaran apa pun yang dikirimkan kepada kamu.

Jika kamu berada pada titik di mana kamu menerima tawaran pekerjaan, dan perusahaan menginginkan kamu, jangan malu untuk meminta gaji yang lebih tinggi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan