Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19Tren

PPKM Level 2, Seluruh RPTRA di Jakarta Kembali Dibuka

Salah satu RPTRA di Jakarta Selatan. (dok. Pemda Jaksel)

Topcareer.id – Seluruh Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di DKI Jakarta dibuka kembali untuk umum mulai 23 Oktober sampai dengan 1 November 2021 sehubungan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Jakarta.

Pembukaan RPTRA ini mengacu Surat Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta Nomor 218 Tahun 2021 tentang Ketentuan Pengelolaan RPTRA Pada Saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, seluruh Fasilitas RPTRA dapat dimanfaatkan dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas normal. Operasional RPTRA dimulai pukul 07.00-17.00 WIB setiap harinya.

Pengunjung RPTRA adalah masyarakat umum yang telah divaksin dibuktikan dengan status vaksinasi pada aplikasi JAKI atau sertifikat vaksinasi pada aplikasi PeduliLindungi.

“Anak dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan memasuki RPTRA dengan syarat didampingi orang tua. Semua harus tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata dia dikutip dari pers rilis, Minggu (24/10/2021).

Tuty menjelaskan, para pengelola RPTRA melaporkan pengelolaan RPTRA pada PPKM Level 2 kepada lurah sesuai lokasi. Pengecualian persyaratan pemanfaatan RPTRA dapat diberikan untuk layanan kebencanaan, vaksinasi dan kedaruratan lainnya.

Baca juga: COVID-19 Ringan Pada Anak-Anak Cenderung Tidak Mengembangkan Antibodi

“Sepanjang belum ada ketentuan baru yang mengatur pengelolaan RPTRA pada masa pandemi COVID-19, maka Surat Keputusan ini tetap berlaku,” tandasnya.

Untuk diketahui, berikut ketentuan operasional RPTRA pada PPKM Level 2:

1. Pengelola RPTRA wajib mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan bertugas untuk:

a. Mengatur alur pergerakan orang yang berada dalam taman dan menjaga jaraknya minimal dua meter
b. Melakukan pengukuran suhu tubuh pengunjung (bagi yang telah memiliki thermo gun)
c. Melakukan pengecekan bukti status telah divaksin pada aplikasi Jakarta Kini (JAKI), sertifikat vaksinasi yang terdapat dalam aplikasi Peduli Lindungi dan/atau bukti vaksinasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang kepada setiap pengunjung
d. Mendata pengunjung yang datang meliputi nama, usia, nomor HP dan alamat

2. Semua pengunjung harus dalam keadaan sehat atau tidak menunjukkan gejala COVID-19 seperti demam, batuk, dan lain-lain serta mematuhi protokol kesehatan pandemi COVID-19 yang terdiri dari:

a. Mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki RPTRA
b. Pengunjung wajib menggunakan masker
c. Menjaga jarak aman minimal 2 meter
d. Menghindari kerumunan

3. Perangkat Suku Dinas PPAPP Kota/Kabupaten Administrasi melaksanakan kegiatan monitoring pengelolaan RPTRA pada masa PPKM Level 2 COVID-19 dan melaporkan hasil pelaksanaan monitoring kepada Kepala Dinas secara berkala dan berkesinambungan.

Tinggalkan Balasan