Topcareer.id – Masalah kesehatan di tempat kerja dapat bertindak sebagai pemicu kemunduran besar dalam menjalankan perusahaan.
Masalah-masalah itu tentu melumpuhkan motivasi dan kemauan tenaga kerja untuk memberikan yang terbaik.
Sebuah studi oleh Organisasi Perburuhan Internasional menunjukkan bahwa kecelakaan dan penyakit di tempat kerja merenggut 2 juta jiwa setiap tahunnya.
Laporan tersebut juga menyatakan bahwa penyakit dan kecelakaan kantor merugikan ekonomi global $1,25 triliun per tahun.
Meskipun hampir tidak mungkin untuk menghilangkan risiko kesehatan tubuh manusia, tindakan yang tepat dapat menguranginya.
Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengidentifikasi masalah kesehatan yang sering terjadi di tempat kerja.
Berikut ini 7 masalah kesehatan pekerja kantoran yang umum terjadi.
Lanjutan dari bagian pertama artikel:
5) Obesitas
Masalah kesehatan lain yang jelas umum bagi karyawan yang bekerja di kantor adalah bertambahnya berat badan.
Seharian hanya duduk di depan desktop tidak mendukung penurunan berat badan. Obesitas di tempat kerja terjadi karena masalah makan yang tidak sehat, kurang olahraga, stres, gaya hidup menetap, dll.
Akan lebih baik jika melakukan latihan fisik di sekitar tempat kerja agar tetap sehat.
Perusahaan bisa membantu karyawannya dengan membuka gym kantor, menawarkan makanan bergizi, yoga di tempat kerja, dll.
Baca juga: Kesehatan Mental Pekerja Kantoran Lebih Baik? Ini Kata Studi
6) Kesehatan mental
Dalam lingkungan yang kompetitif saat ini dengan tingkat stres yang meningkat di tempat kerja, karyawan lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental.
Untuk alasan inilah mengapa perusahaan harus merawat masalah kesehatan mental karyawannya dengan baik.
Perusahaan bisa mengatasi masalah kesehatan mental dengan memberi karyawan cuti, menawarkan bantuan profesional bila diperlukan, mengakomodasi yoga di tempat kerja, dll.
7) Serangan Jantung
Henti jantung adalah masalah kesehatan fatal lainnya di tempat kerja. Ini bisa menjadi akibat dari serangan jantung.
Lebih mengerikan lagi, karyawan yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung juga bisa menjadi mangsanya.
Perusahaan sebaiknya menyimpan defibrilator eksternal otomatis (AED) setiap saat di kantor.
AED adalah aksesori medis untuk memeriksa irama jantung dan memberikan kejutan listrik bila diperlukan untuk mengembalikan irama jantung ke normal.
Nah, itulah tujuh masalah kesehatan yang biasa dialami oleh pekerja kantoran yang harus kamu waspadai.**(Feb)