Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tren Posting Resume di TikTok? Ini Kekurangannya

TikTokSumber foto: foxbusiness.com

Topcareer.id – Jika kamu aktif menggunakan aplikasi media sosial populer TikTok, kamu mungkin menganggapnya sebagai hiburan dengan sedikit berita dan informasi.

Namun, layaknya platform media sosial lainnya seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter, TikTok juga dapat dijalin ke dalam pencarian pekerjaan kamu.

Misalnya, mengikuti tagar seperti #careertok dan #jobsearch yang mengarahkan kalian tentang saran dan tips bekerja.

Resume TikTok
Pada Juli 2021, TikTok meluncurkan program percontohan yang dikenal sebagai Resume TikTok untuk mendorong upaya ini.

Perusahaan besar di AS seperti Chipotle dan Target mengundang orang untuk melamar posisi entry-level melalui aplikasi TikTok.

“Jika Anda mulai menggunakan fitur Resume TikTok, Anda akan memotong batas dan dipertimbangkan untuk wawancara lebih cepat daripada banyak pencari kerja yang menganggap ini iseng,” kata Rob Barnett, executive search consultant dan penulis Next Job, Best Job: A Headhunters’ 11 Strategies to Get Hired Now, dalam wawancara email dengan The Balance Careers.

Tetapi ada beberapa potensi kerugian untuk memposting resume di TikTok. Misalnya, jika kamu bukan pengguna aktif, mungkin tidak ada gunanya.

Mengutip The Balance Careers, berikut sejumlah kekurangan dari memposting resume kamu di TikTok.

Potensi bias
Saat kamu membagikan resume kertas, calon atasan tidak akan melihat seperti apa penampilan kamu.

Tetapi dengan resume video, calon atasan akan melihat penampilanmu sejak awal.

Hal ini dapat memungkinkan bias sadar atau tidak sadar di pihak manajer perekrutan, penampilan kamu bisa menjadi faktor apakah pemberi kerja akan memanggil kamu atau tidak.

Memakan waktu
Video TikTok sangat singkat, untuk menyampaikan pesan yang koheren dan sesuai dengan pekerjaan dalam waktu sesingkat itu dapat menjadi tantangan.

Video berdurasi beberapa detik itu mungkin membutuhkan waktu berjam-jam untuk dibuat agar semua pesan penting tersampaikan.

Tempat terbatas
Pada resume reguler di atas kertas, orang terkadang berjuang untuk mengurangi pengalaman mereka.

Sekarang pikirkan tentang menyoroti pengalaman kamu hanya dalam hitungan detik. Itu bisa sulit, terutama dengan detail yang lebih terperinci dan serius.

“Sementara TikTok dapat menunjukkan kepribadian kamu, akan sedikit lebih sulit untuk menggunakan aspek portofolio atau pengalaman yang lebih serius dalam klip yang begitu singkat.

Baca juga: Resume dan CV Ternyata Beda Lho, Ini penjelasannya

Perusahaan dan manajer perekrutan bahkan mungkin tidak melihatnya
Banyak orang mungkin melihat resume TikTok kamu. Tapi apakah mereka akan menjadi orang yang tepat?

Jika perekrut perusahaan dan manajer perekrutan tidak menghabiskan waktu untuk aktif di aplikasi tersebut, kamu mungkin terlewatkan untuk bisa menarik perhatian mereka.

Dan beberapa industri mungkin tidak melihat resume TikTok sebagai langkah pertama profesionalitas.

Ini bukan untuk semua orang
Resume video mungkin tidak cocok untuk kamu jika kamu tidak percaya diri di depan kamera. Sebaiknya lupakan saja metode ini.

Kamu bisa menjadi viral
Cons yang ini bisa menjadi pro jika mengarah untuk menarik perhatian manajer perekrutan di perusahaan tempat kamu ingin bekerja.

Sisi sebaliknya adalah jika video dibagikan secara luas, kamu mungkin menerima beberapa feedback negatif.

Hasil survey
Jika memposting resume kamu di TikTok terasa sedikit tidak nyaman, kamu tidak sendirian.

Dalam survei Gen Z bulan Agustus 2021 yang dilakukan oleh Tallo, sebuah platform online yang menghubungkan mahasiswa dengan perguruan tinggi dan perusahaan, sebanyak 48% merasa nyaman dengan ide membuat resume video.

Sementara itu 48% lainnya merasa tidak nyaman. Dan hanya 26% responden yang merasa nyaman memposting resume mereka di platform TikTok.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan