Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tren Posting Resume di TikTok? Ini Kelebihannya

Topcareer.id – Jika kamu aktif menggunakan aplikasi media sosial populer TikTok, kamu mungkin menganggapnya sebagai hiburan dengan sedikit berita dan informasi.

Namun, layaknya platform media sosial lainnya seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter, TikTok juga dapat dijalin ke dalam pencarian pekerjaan kamu.

Misalnya, mengikuti tagar seperti #careertok dan #jobsearch yang mengarahkan kalian tentang saran dan tips bekerja.

Resume TikTok
Pada Juli 2021, TikTok meluncurkan program percontohan yang dikenal sebagai Resume TikTok untuk mendorong upaya ini.

Perusahaan besar di AS seperti Chipotle dan Target mengundang orang untuk melamar posisi entry-level melalui aplikasi TikTok.

“Jika Anda mulai menggunakan fitur Resume TikTok, Anda akan memotong batas dan dipertimbangkan untuk wawancara lebih cepat daripada banyak pencari kerja yang menganggap ini iseng,” kata Rob Barnett, executive search consultant dan penulis Next Job, Best Job: A Headhunters’ 11 Strategies to Get Hired Now, dalam wawancara email dengan The Balance Careers.

Tetapi ada beberapa potensi kerugian untuk memposting resume di TikTok. Misalnya, jika kamu bukan pengguna aktif, mungkin tidak ada gunanya.

Mengutip The Balance Careers, berikut kelebihan dari memposting resume kamu di TikTok.

Menyenangkan untuk dibuat
Jika kamu pengguna aktif TikTok yang sering menggunakan platform, mungkin relatif mudah bagimu untuk membuat TikTok lebih bermanfaat.

Mungkin menulis resume di TikTok bisa menjadi sesuatu yang terasa lebih menyenangkan daripada menulis resume seperti biasa.

Resume TikTok membantu meng-highlight kekuatan kamu
“Video membantu kepribadian dan kepercayaan diri Anda muncul—tidak seperti resume standar,” kata Andrew Fennell, mantan perekrut dan direktur di StandOut CV, layanan resume dan saran karier.

Baca juga: Bikin Resume Pakai TikTok? Begini Kata Perekrut

Bisa cukup relevan
Jika kamu ingin bekerja di media sosial atau berperan dalam hubungan masyarakat atau pemasaran, memiliki resume TikTok dapat menjadi cara yang tepat untuk memamerkan kekuatan kamu kepada manajer perekrutan.

TikTok bisa bertindak sebagai ruang audisi atau portofolio.

“Banyak pekerjaan modern membutuhkan pengetahuan teknis yang signifikan, mencari mereka yang dapat mengedit video, menggabungkan audio, dan membuat segala sesuatunya menjadi menghibur. Membuat TikTok cukup baik untuk menunjukkan keahlian kreatif Anda,” kata Flynn Zaiger, CEO Online Optimism dan agensi pemasaran TikTok.

Resume TikTok bisa menarik perhatian
Posting video resume di TikTok memiliki peluang untuk menjadi viral, sehingga ada kemungkinan terlihat oleh orang-orang di industri yang kamu targetkan.

Kamu bisa terhubung dengan perusahaan impian dengan menggunakan tagar dan tag yang relevan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan