Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Seafood Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh!

Topcareer.id – Tidak semua makanan diciptakan sama dalam hal menyediakan vitamin, mineral, dan manfaat lain seperti kekebalan tubuh untuk tetap sehat.

Namun, jika membahas peringkat dalam hal makan sehat, seafood atau makanan laut mungkin berada pada tingkat yang membanggakan.

Studi mengkonfirmasi bahwa kamu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi seafood.

Bahkan, ketika para peneliti memeriksa beberapa makanan dari daerah tersehat di dunia, antara lain Mediterania, Jepang, dan Nordik, ada beberapa kesamaan utama di antara mereka. Salah satu kesamaan itu adalah ketergantungan mereka pada makanan laut.

Tak hanya itu, sebuah analisis dari Harvard School of Public Health (HSPH) yang menjalani 20 studi semacam itu dan melibatkan ratusan ribu peserta, menunjukkan bahwa makan dua atau lebih porsi seafood setiap minggu bisa meningkatkan sistem kekebalan peserta studi.

Banyak jenis makanan laut mengandung nutrisi penting yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.
Nutrisi dari seafood juga dapat membantu menghindari penyakit, pulih lebih cepat ketika kamu sakit, dan membantu mencegah perkembangan kondisi kesehatan kronis di masa depan.

HSPH menyimpulkan bahwa “satu hingga dua porsi 3 ons ikan berlemak dalam seminggu, seperti salmon, herring, mackerel, teri, atau sarden, bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen.”

Baca juga: Hore! Data CDC AS Tunjukkan Indonesia Masuk Kategori Level 1 Covid-19

Baik studi observasional maupun terkontrol percobaan juga menunjukkan bahwa lemak omega-3 dalam ikan penting untuk perkembangan optimal otak dan sistem saraf bayi.

Anak-anak dari wanita yang mengonsumsi ikan atau omega-3 dalam jumlah yang lebih rendah selama kehamilan dan menyusui memiliki bukti perkembangan otak anak yang tertunda.

Analisis HSPH juga merinci beberapa “kemungkinan” manfaat makan seafood:

  • Makan ikan sekali atau dua kali seminggu juga dapat mengurangi risiko stroke, depresi, penyakit Alzheimer, dan kondisi kronis lainnya.
  • Makan ikan melawan penyakit jantung dalam beberapa cara. Lemak omega-3 dalam ikan melindungi jantung terhadap perkembangan gangguan irama jantung yang tidak menentu dan berpotensi mematikan.
  • Ikan laut juga menurunkan tekanan darah dan detak jantung, meningkatkan fungsi pembuluh darah, trigliserida lebih rendah dan dapat meredakan peradangan.
  • Bukti kuat dan konsisten untuk manfaat seafood ada dalam Dietary Guidelines for Americans, the American Heart Association, dan yang lainnya menyarankan bahwa setiap orang perlu makan ikan laut dua kali seminggu.

Salah satu jenis ikan laut, yakni Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3, yang dapat membantu mencegah peradangan.

Jika dikonsumsi secara teratur, bisa secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.

Salmon juga merupakan sumber vitamin D dan antioksidan selenium yang sangat baik, keduanya mendukung kesehatan dan kekebalan tubuh.

Jenis ikan lain yang setara dengan salmon dan mengandung asam lemak omega-3 termasuk herring, sarden, teri, halibut, rainbow trout, dan tuna.

Nah, gimana, sudah bersiap untuk memasukkan seafood sebagai salah satu menu makan kamu?**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan