Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Manfaat Kesehatan Selai Kacang yang Perlu Kamu Tahu (Bagian 2)

Selai kacang. Dok/365 Gorgeus

Topcareer.id – Bagi sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan, selai kacang terlihat seperti musuh bebuyutan bagi mereka.

Padahal selai kacang justru bisa membantu diet untuk menurunkan berat badan. Kok bisa?

Tentu saja bisa, sebab di balik rasanya yang nikmat, selai kacang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kandungan serat dalam sekitar 2 sendok makan atau 32 gram selai kacang mampu memenuhi 10% kebutuhan serat harian.

Penelitiannya sudah terbit dalam jurnal Nutritions https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15797686/ menunjukkan asupan serat yang cukup bisa memengaruhi penurunan indeks massa tubuh.

Berikut ini lebih detail mengenai beberapa manfaat selai kacang untuk kesehatan:

Lanjutan dari bagian pertama artikel

Menjaga kolesterol aman
Memiliki terlalu banyak kolesterol dapat mengeraskan arteri dan menyebabkan stroke serta penyakit jantung.

Selai kacang dari almond, kenari, dan kacang pohon lainnya tampaknya bisa membantu menurunkan kolesterol.

Tubuh membuat sebagian besar kolesterol dari makanan yang kamu makan. Untungnya, selai kacang hanya mengandung sedikit kolesterol.

Mencegah dan mengontrol diabetes tipe 2
Karena selai kacang bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan, maka kadar gula (glukosa) dan lemak (lipid) yang tinggi dalam darah juga akan terkontrol.

Selai kacang juga dapat menjaga lapisan pembuluh darah (endotelium) melar dan tetap sehat serta mencegah masalah jantung yang terkait diabetes.

Baca juga: Suka Sarapan Selai Kacang? Perubahan Ini akan Terjadi Padamu

Penyakit jantung
Penyakit kardiovaskular terjadi ketika pembuluh darah mengeras (dokter menyebutnya aterosklerosis). Hal ini bisa melemahkan jantung dan menyebabkan gagal jantung.

Ini juga dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, atau detak jantung tidak teratur (suatu kondisi yang disebut aritmia).

Orang yang makan lebih banyak kacang-kacangan atau selai kacang cenderung tidak mengalaminya.

Sekitar 2 sendok makan selai kacang dua kali seminggu tampaknya sudah cukup untuk membantu memelihara kesehatanmu.

Magnesium
Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, dan kacang tanah, dan selai yang terbuat darinya, mengandung banyak magnesium.

Mineral ini baik untuk saraf, otot, tulang, gula darah, tekanan darah, dan bahkan materi genetik, atau DNA kamu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan