Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Kompetensi untuk Memiliki Kemampuan Kerja, Apa Saja?

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Team Leader Career Services & Psychologist dari Maastricht University, Jerome de Liege membeberkan mengenai persiapan karier di masa depan bagi para lulusan perguruan tinggi.

Dimana menurutnya penting untuk para sarjana memiliki kemampuan kerja atau employability dalam karier bagi para fresh graduate.

Jerome pun mengatakan setidaknya ada 4 kompetensi untuk memiliki kemampuan kerja, mulai dari academic expertise and skills, self-awareness, adaptability, social responsibility.

“Terkait academic expertise and skills terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh dari pendidikan yang ditempuh, berhubungan dengan bidang studi hingga kompetensi lain seperti critical thinking, problem solving, dan information literacy,” ujarnya dalam acara Career “Talk & Further Study Insight” secara daring, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: Mulai Oktober, 75% PNS di Wilayah Level 1 Boleh WFO

Kemudian, pengenalan diri seperti tujuan, kekuatan, kelemahan, serta nilai-nilai adalah hal yang penting dalam kompetensi self-awarenss.

“Pengenalan diri merupakan hal yang harus dilakukan jika kita berbicara mengenai persiapan perjalanan karier,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Jerome, kemampuan adaptasi juga penting dimiliki terutama dalam menghadapi dunia kerja yang terus mengalami perubahan. Yang mana kemampuan adaptasi ini diperlukan dalam perencanaan studi lanjut di lingkungan yang berbeda.

Sedangkan kompetensi terakhir yakni social responsibilty juga diperlukan untuk membangun tim yang solid dan mengembangkan jejaring. Sebab jejaringan juga berperan dalam menemukan pekerjaan yang tepat.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan