Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Epidemiolog UGM Ingatkan Ancaman Penyakit-Penyakit Ini di Musim Hujan

Sumber foto: Portugal ResidentSumber foto: Portugal Resident

Topcareer.id – Musim hujan identik dengan ancaman penyakit, mulai dari flu hingga penyakit demam berdarah. Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Citra Indriani juga meminta masyarakat untuk mewaspadai ancaman-ancaman penyakit yang muncul saat musim hujan.

Ia mengatakan, selain berhadapan dengan Covid-19, masyarakat di Indonesia juga harus menghadapi ancaman penyakit demam berdarah yang meningkat di musim hujan.

“Ada potensi peningkatan kasus DBD saat musim hujan. Sebab, saat musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi,” kata dr. Citra Indriani, dikutip dari pers rilis UGM, Rabu (10/11/2021).

Ia mengatakan, upaya 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur dipandang Citra perlu diperhatikan masyarakat agar bisa mencegah DBD. Selain itu, juga diikuti dengan langkah lainnya seperti menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu guna menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypty.

Citra menyebutkan leptospirosis juga menjadi penyakit yang banyak timbul saat musim penghujan, terutama di daerah yang banyak terdapat genangan air atau kondisi banjir.

Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir perlu mewaspadai penyakit akibat bakteri leptospira yang disebarkan melalui air kencing tikus ini. Bakteri leptosira dapat menginfeksi manusia lewat kulit, khususnya jika ada luka.

Baca juga: 5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Berkendara Di Jalan Tol

“Upayakan selalu menggunakan alas kaki agar terhindar dari leptospirosis,” imbau dosen FKKMK dan peneliti Pusat Kedokteran Tropis UGM ini.

Di samping itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang tikus. Lalu, membersihkan saluran-saluran air di sekitar rumah supaya tidak tersumbat dan menjadi genangan saat hujan.

“Berikutnya, jika akan membersihkan saluran air diupayakan untuk menggunakan APD untuk mencegah terinfeksi bakteri leptosira,” ujarnya.

Citra menambahkan penyakit diare juga rentan mengalami peningkatan saat musim penghujan, terlebih di daerah yang terdampak bencana banjir. Banjir biasanya menyebabkan sistem sanitasi terganggu sehingga berpotensi adanya peningkatan kasus diare di wilayah yang terkena banjir.

Lebih lanjut Citra menuturkan bahwa penyakit malaria di beberapa daerah endemis malaria juga biasanya akan meningkat saat musim hujan datang. Lalu, penyakit lain yang biasa muncul adalah flu biasa.

Lantas bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mencegah infeksi muncul saat musim hujan? Citra menyebutkan masyarakat untuk menjaga imunitas, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain itu, masyarakat juga tetap diminta untuk patuh menjalankan protokol kesehatan 5M guna mencegah penularan Covid-19 karena penyebaran virus corona belum berhenti.

Tinggalkan Balasan