Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hati-hati, Terlalu Banyak Kolesterol Baik Bisa Membunuhmu

Ilustrasi kolesterol. Dok/Very Well Health

Topcareer.id – Semakin banyak pakar kesehatan mengimbau agar setiap orang menjaga kadar kolesterolnya demi kesehatan yang lebih baik.

Kolesterol terdiri atas kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Memiliki terlalu banyak kolesterol jahat LDL bisa berbahaya bagi kesehatanmu. Namun, kelebihan kolesterol baik HDL ternyata juga sama berbahayanya.

Bahkan kelebihan kolesterol baik HDL bisa berakhir dengan membunuhmu.

Tingkat menengah atau cukup akan kolesterol HDL diketahui bisa meningkatkan umur panjang dengan membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

“Temuan ini mengejutkan kami,” kata penulis senior studi Ziyad Al-Aly, Asisten Profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis, Missouri.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Daftar Habit Penyebab Kolesterol Tinggi

“Sebelumnya dianggap bahwa peningkatan kadar kolesterol baik HDL itu bermanfaat. Namun, hubungan antara peningkatan kadar kolesterol HDL dengan kematian dini sangat tidak terduga,” kata Al-Aly.

Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah yang dapat mempersempit dan menyumbat pembuluh jantung. Bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular dan stroke.

Selama bertahun-tahun, kolesterol HDL telah dipercaya membantu menghilangkan “kolesterol jahat” yang membentuk plak dari arteri.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, para peneliti menunjukkan bahwa kadar kolesterol HDL tinggi dan rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian di antara peserta studi dengan semua tingkat fungsi ginjal.

“Terlalu rendah dan terlalu tinggi kadar keduanya terkait dengan risiko kematian yang lebih tinggi,” kata Al-Aly.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan