Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Menkes: Sub Varian AY.4.2 Atau Delta Plus Tidak Ditemukan di Indonesia. Pemerintah Perketat Pengawasan

Menkes sebut bukan tidak mungkin Indonesia bisa sepenuhnya bebas masker.Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Humas Setkab)

Topcareer.id – Baru-baru ini Malaysia kebobolan dengan masuknya sub varian dari virus corona Delta yakni Delta Plus atau AY.4.2.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan sub varian AY.4.2 yang baru masuk di Malaysia belum ada di Indonesia.

Sabtu (6/11) Menteri Kesehatan Malaysia mengumumkan dua kasus varian Delta Plus di negara itu berasal dari mahasiswa yang kembali dari Inggris.

Kedua mahasiswa tersebut tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 2 Oktober 2021 dengan hasil tes pertama SARS-CoV-2 negatif.

Namun, tes kedua selama masa karantina mereka menunjukkan hasil positif pada 7 Oktober 2021 dan terdeteksi sebagai sub varian AY.4.2.

Menkes Budi Gunadi menginformasikan bahwa pihak terkait telah melakukan sequencing genom antara 1.500 hingga 1.800 dalam sebulan dan belum ditemukan adanya sub varian dari Delta.

Dengan berita ini, pemerintah Indonesia kini tengah memperketat pengawasan di perbatasan Malaysia-Indonesia.

Baca juga: Rusia Laporkan Kasus Subvarian Delta Covid-19 yang Lebih Menular

Koordinator Pembatasan Mobilitas Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan bahwa pemerintah terus memantau perkembangan varian Delta Plus.

Luhut menyebutkan, pemerintah bisa saja memperketat peraturan perjalanan bagi pengunjung dari luar negeri untuk mencegah masuknya varian baru tersebut.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan