Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Skill Adaptasi Paling Penting di Tempat Kerja (Bagian 1)

Dok/Binus

Topcareer.id – Mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan proses kerja membuatmu akan menjadi kandidat pekerja yang kompetitif dan profesional secara keseluruhan.

Memiliki keterampilan beradaptasi berarti kamu terbuka dan mau mempelajari hal-hal baru dan membuat penyesuaian dengan transisi di tempat kerja.

Selain itu, jika kamu mampu mengembangkan keterampilan beradaptasi, maka soft skill penunjang kemampuan beradaptasimu akan meningkat juga.

Dalam artikel ini, akan dieksplorasi apa saja sih jenis keterampilan beradaptasi agar kamu bisa mengasahnya.

Jenis keterampilan beradaptasi
Keterampilan beradaptasi dapat mencakup berbagai rangkaian keterampilan yang pada dasarnya akan mendukung kemampuanmu dalam beradaptasi.

Baca Juga: Mau Kerja Remote? Pelajari Ragam Skills Ini (Bagian 1)

Berikut ini 6 keterampilan adaptasi yang paling penting:

Bagian pertama dari artikel

1) Kemampuan adaptasi dalam berkomunikasi
Berani berkomunikasi untuk meminta bantuan saat membutuhkan serta meminta informasi selama transisi untuk proyek baru dapat menunjukkan kepada pemimpin tim betapa termotivasinya kamu untuk belajar.

Mendengarkan secara aktif dan bentuk komunikasi lainnya seperti komunikasi nonverbal juga merupakan aspek yang sama pentingnya dari kemampuan beradaptasi.

Mendengarkan secara aktif menunjukkan bahwa kamu penuh perhatian dan siap untuk mengambil arah baru.

Mengembangkan keterampilan komunikasi nonverbal bisa membantumu menavigasi perubahan dalam hubungan tim atau dinamika di tempat kerja.

2) Kemampuan adaptasi antar pribadi
Mirip dengan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, memiliki keterampilan interpersonal yang baik juga memainkan peran kunci dalam kemampuan beradaptasi secara keseluruhan.

Mampu berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang sehat dan positif dapat membantumu menghindari miskomunikasi dan konflik.

Baca juga: Ini Skills yang Harus Ada di Profile LinkedIn Kamu

3) Keterampilan adaptasi memecahkan masalah
Kamu mungkin menggunakan keterampilan pemecahan masalah sebagai adaptasi untuk menemukan solusi kreatif mengenai topik yang menantang di tempat kerja.

Selain itu, kemampuan ini juga bisa untuk mengamati dan menganalisis bagaimana pendekatanmu untuk memecahkan masalah baru.

Ini bisa menunjukkan kepada manajer bagaimana kesediaanmu untuk melakukan adaptasi atau perbaikan terhadap cara kamu memecahkan masalah.**(RW)

Bersambung ke bagian kedua dari artikel (link artikel)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan