Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Punya Masalah Sertifikat Vaksin? Hubungi Nomor WhatsApp Ini

Topcareer.id – Sertifikat sering kali menjadi salah satu syarat agar kita bisa masuk ke suatu tempat. Bahkan di dunia kerja saat ini pelamar yang ingin bekerja diharuskan memiliki sertifikat vaksinasi ini.

Sayangnya banyak masyarakat yang mengeluhkan beberapa permasalahan terkait sertifikat vaksin, baik tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi ataupun terjadi kesalahan pada data diri si penerima vaksinasi.

Nah, bagi kamu yang mengalami kejadian serupa jangan khawatir, sebab saat ini Kementerian Kesehatan sudah memperbaiki fitur dan layanan PeduliLindungi, terutama untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksinasi yang selama ini dilakukan melalui email dan Call Center 119.

“Masyarakat kini dapat mengakses layanan Chatbot WhatsApp. Untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp Kemkes RI pada nomor 081110500567,” ujar Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha di Jakarta Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Begini Cara Masuk Mall, Restoran, Bioskop dan Tempat Wisata Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Untuk keamanan data, lanjut Kunta masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu.

Setelah itu, masyarakat pun dapat memilih salah satu dari 3 menu utama seperti Download Sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri.

“Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di Aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi,” tambahnya.

Sementara untuk menu Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Yang perlu diingat, Chatbot PeduliLindungi ini menggunakan nama KemenkesRI dengan centang hijau dan tentunya didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan yang mencukupi agar data dan privasi pengguna tetap terjaga dengan baik.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan