Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Cara Perawatan Kulit Wajah untuk Wanita Usia 30-an (Bagian 1)

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Bagi wanita usia 30-an, perlu memiliki beberapa bentuk perawatan kulit dan belajar mengidentifikasi produk perawatan kulit atau bahan-bahan yang cocok dengan kulitmu. Memang, sebagian besar, umumnya kelompok usia ini masih memiliki kulit yang baik dan awet muda.

Menurut dokter kulit Dr Eileen Tan, dari Eileen Tan Skin Clinic & Associates dalam laman CNA Lifestyle, usia inilah saat pergantian sel mulai melambat, kerusakan akibat radikal bebas menjadi lebih nyata dan terjadi pemecahan kolagen dan elastin yang lebih cepat.

Beberapa orang mungkin melihat sedikit hilangnya kekencangan dan kekenyalan kulit, munculnya bintik-bintik pigmentasi atau kerutan pertama (terutama di sekitar mata). Melansir laman CNA Lifestyle, begini cara merawat dan peduli kulit wajah di usia 30-an.

Perawatan mendasar

Pembersihan dan pelembab yang tepat adalah langkah perawatan kulit mendasar yang seharusnya sudah kamu praktikkan sejak usia 20-an. Ini penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat, dan membentuk dasar dari setiap rutinitas perawatan kulit.

Namun, ketika usia 30-an, kamu mungkin menemukan bahwa perubahan harus dilakukan, dalam hal produk yang telah kamu gunakan untuk langkah-langkah ini, demi memenuhi kebutuhan kulit.

Bersihkan dengan lembut

Bukan hal yang aneh bagi banyak wanita dalam kelompok usia ini untuk mengetahui bahwa kulit mereka menjadi lebih kering – ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal atau hanya fakta bahwa produksi minyak melambat karena penuaan.

Baca juga: Kopi Bisa Digunakan Untuk Memprediksi Cuaca Lho! Begini Caranya

Jika ini menggambarkan dirimu, ini akan membantu untuk mengubah produk pembersihmu menjadi pembersih yang diformulasikan untuk menjaga kelembapan kulit dengan lebih baik. Dengan kata lain, itu harus dapat membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa membuatnya terasa kering atau kencang.

Pertimbangkan untuk menggunakan krim malam

Kamu mungkin menemukan pelembabmu tidak lagi cukup menghidrasi. Saatnya beralih ke yang lebih emolien; atau mulai gunakan krim malam, yang disarankan jika kamu lebih suka pelembab yang lebih ringan di siang hari dan yang lebih kaya di malam hari (terutama jika tidur dengan AC menyala).

Cobalah pelembab yang diperkaya dengan bahan-bahan yang akan bermanfaat bagi kulit terutama pada tahap kehidupan ini – jika kamu tidak memiliki kulit sensitif atau rawan jerawat.

Selain hydrating actives seperti hyaluronic actives dan ceramides, Dr Tan merekomendasikan anti-oksidan seperti vitamin C, E dan asam ferulic, serta retinol, yang memberikan manfaat anti-penuaan seperti meminimalkan munculnya kerutan, menghaluskan kulit dan mencerahkan warna kulit.

Mulailah menggunakan krim mata

Kulit di sekitar mata kita jauh lebih halus dan tipis daripada kulit di bagian lain dari wajah, yang berarti secara komparatif jauh lebih rentan terhadap efek penuaan. Di usia 30-an, kamu sekarang membutuhkan sesuatu yang lebih kuat dan dirancang khusus untuk kulit di sekitar mata.

“Wanita berusia 30-an pasti akan mendapat manfaat dari krim mata dengan bahan-bahan yang terbukti secara ilmiah yang menunda penuaan. Ada beberapa perusahaan kosmetik terkemuka yang memformulasi krim mata dengan bahan pelembab (seperti peptida, ceramide), antioksidan (seperti vitamin C) untuk merangsang produksi kolagen, memperkuat penghalang kulit dan meringankan warna kulit yang tidak merata dan lingkaran mata gelap,” saran Dr Tan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan