Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apa Arti Kehadiran Teknologi Metaverse Bagi Bisnis?

Pemprov DKI Jakarta-WIR Group bekerja sama bangun metaverse Jakarta.Metaverse. Sumber foto: verizon.com

Topcareer.id – Apakah metaverse merupakan masa depan bisnis digital? Banyak ahli mengatakan iya.

Definisi metaverse adalah “ruang virtual 3D yang terus-menerus terhubung ke alam semesta virtual yang bisa dilihat dan dirasakan.”

Mark Zuckerberg melalui Facebook telah meluncurkan Horizon, aplikasi jejaring realitas sosial mereka di mana avatar dapat bekerja dan bermain bersama dalam lingkungan virtual yang sederhana.

CEO Microsoft Satya Nadella juga mengatakan dia ingin perusahaannya membangun metaverse perusahaan.

Bisnis yang ingin tetap kompetitif harus membuat rencana tentang bagaimana mereka akan terlibat dengan pelanggan, menemukan peluang iklan baru, dan mendatangkan sponsor di metaverse.

Sama seperti banyak orang di awal 2000-an yang mengira mereka tidak akan pernah membutuhkan kehadiran media sosial, ternyata kini media sosial menjadi yang paling dibutuhkan.

Sekarang di tahun 2020-an sangat perlu untuk mulai menyiapkan tim metaverse yang akan membantu semua memasuki era Web 3.0.

Jadi, bagaimana cara metaverse mempengaruhi bisnis perusahaan, mari lihat beberapa contoh peluang Metaverse untuk bisnis perusahaan

Sponsor acara dan konser
pembuat game Fortnite baru-baru ini menyelenggarakan pertunjukan besar oleh artis rap Travis Scott.

Massive Attack menjadi headline festival musik yang diselenggarakan oleh Minecraft.

Baca juga: Bisnis Iklan sedang Menurun, Facebook Nekat Investasi Miliaran Bangun Metaverse

Karena lebih banyak acara dan konser diselenggarakan di metaverse, perusahaan akan memiliki banyak peluang untuk sponsor yang berpotensi menguntungkan.

Produk khusus digital
Ada peluang besar untuk mengembangkan produk di dunia digital. Hampir semua yang tidak bisa dimiliki orang di dunia nyata mungkin adalah sesuatu yang ingin mereka beli untuk metaverse.

Misalnya pakaian yang keren hingga rumah, mobil, dan hal-hal lain yang bahkan tidak dapat diraih saat ini.

Pekerjaan jarak jauh
Pekerjaan juga akan semakin berpindah ke metaverse, dari ruang kerja bersama hingga rapat, tak ketinggalan simulasi dan pelatihan.

Ruang Kerja Facebook Horizon mencoba menggunakan Zoom dan memberi para pekerja cara baru untuk berkolaborasi secara online di ruang realitas virtual.

Game
Game telah lama menjadi tulang punggung rencana untuk metaverse. Kini mulai bermunculan game Virtual Reality terbaik di pasaran saat ini.

Manufaktur proses
Anheuser-Busch InBev, pembuat bir terbesar di dunia, menggunakan aplikasi metaverse untuk meningkatkan operasinya secara dramatis.

Mereka menggunakan Azure Digital Twins untuk membuat model digital lengkap dari pabrik dan rantai pasokan mereka yang disinkronkan secara real-time dengan lingkungan fisik.

Model ini memungkinkan pembuat bir untuk menyesuaikan proses pembuatan bir dan melakukan kontrol kualitas.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan