Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Wow! Lukisan Abstrak Karya Seniman Ini Laku Terjual Rp 1 Triliun Lebih

Lukisan No.7 karya Mark Rothko. Dok/Christies.com

Topcareer.id – Sebuah lukisan abstrak karya seniman Mark Rothko terjual seharga $82,5 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun dalam sebuah lelang di Sotheby’s New York, AS hari Senin (15/11). Ini merupakan harga tertinggi kedua untuk sebuah karya mendiang seniman abstrak asal Amerika Serikat tersebut.

Lukisan abstrak bertajuk “No.7,” itu dilukis di atas kanvas setinggi 2,4 meter dan Rothko melukisnya pada tahun 1951.

Identitas pembeli tidak diketahui tetapi penawaran sempat berlangsung sengit dari orang-orang yang mewakili klien Asia.

Rekor untuk Rothko pertama kali tercatat pada 2012 ketika karya lukisan abstraknya “Oranye, merah, kuning” laku terjual seharga $ 86,9 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun di pusat lelang Christie’s di New York, AS.

Karya Rothko hanyalah satu dari lusinan seniman terkemuka yang dilelang dari Koleksi Macklowe, yang diakuisisi oleh maestro real estate Harry Macklowe dan istrinya Linda selama 45 tahun.

Seorang hakim New York memerintahkan mereka untuk menjual koleksi itu dan membagi hasilnya selama persidangan perceraian 2018 mereka.

Baca juga: Lukisan Cat Minyak Picasso Laku Lebih dari Rp 1,4 Triliun

Karya lain yang dijual pada hari Senin (15/11) termasuk layar sutra “Nine Marilyns” karya seniman ternama dunia Andy Warhol.

Karya tersebut dibuat pada tahun 1962 tak lama setelah kematian Marilyn Monroe, terjual $48,5 juta atau sekitar Rp 690,5 miliar.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan