Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

3 Cara Hasilkan Cuan dari Minyak Jelantah

Kemenperin bakal hentikan program minyak goreng curah bersubsidi pada Mei 2022.Minyak Jelantah. Dok/Berkeluarga

Topcareer.id – Minyak goreng merupakan komoditas penting dalam kegiatan konsumsi masyarakat sehari-hari. Namun banyak yang belum menyadari ternyata minyak goreng yang sudah dipakai atau biasa disebut minyak jelantah bisa menghasilkan cuan.

Hal ini diungkapkan oleh Bank DBS Indonesia bersama wirausaha sosial Beli Jelantah. Dimana mereka membocorkan beberapa cara mengelola minyak jelantah, di antaranya:

Menyulapnya menjadi sabun batangan
Ternyata kita dapat menyulap minyak jelantah menjadi sabun batangan lho! Kualitas sabun batangan dari minyak jelantah sendiri pun tidak kalah baik dibanding sabun buatan pabrik. Selain menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan, membuat sabun batangan dari minyak jelantah juga dapat menekan pengeluaran belanja domestik.

Untuk membuat sabun batangan ini kamu hanya perlu menyiapkan minyak jelantah yang telah disaring, soda api, air, pewangi, dan pewarna makanan. Untuk cara membuatnya tinggal kamu tuangkan air ke dalam wadah dan taburkan soda api ke dalam air, lalu aduk secara perlahan.

Baca juga: Nih, Lowongan Untuk Para Sarjana Teknik

Kemudian, diamkan air hingga suhunya kembali dingin. Setelah itu, masukkan minyak jelantah sedikit demi sedikit dan aduk lagi sekitar 10-15 menit hingga bahan merata dan mengental. Tambahkan pewangi dan pewarna makanan lalu tuang ke dalam cetakan sabun, tunggu hingga bahan sabun mengeras. Setelah selesai, sabun dapat langsung digunakan untuk mandi maupun mencuci pakaian.

Memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan lilin aromaterapi
Selain sabun batangan, minyak jelantah juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lilin aromaterapi. Kelebihan membuat lilin aromaterapi sendiri adalah bentuk dan wangi lilin dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Selain itu, lilin aromaterapi dari minyak jelantah juga bisa dijual kembali, menarik bukan?

Cara pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah cukup mudah. Langkah pertama dapat dilakukan dengan menjernihkan minyak jelantah terlebih dahulu menggunakan ampas tebu selama dua hari. Setelah itu, tuangkan bubuk jeli dan cairan pengharum yang diinginkan. Kemudian, aduk dan cetak bahan ke dalam gelas atau bekas tutup kaleng biskuit yang tahan api. Terakhir, tancapkan sumbu api di atasnya. Lilin aromaterapi pun siap mengharumkan ruangan!

Menyumbangkannya ke pihak yang tepat
Apabila kalian tidak punya waktu untuk mendaur ulang minyak jelantah yang kalian hasilkan, tak perlu khawatir! Kalian dapat menyalurkannya ke pihak yang tepat untuk dikelola kembali, sehingga minyak jelantah tidak terbuang sembarangan dan mencemari lingkungan.

Salah satunya adalah Beli Jelantah, wirausaha sosial yang menghubungkan para pemilik minyak jelantah dengan perusahan biodiesel. Para pemilik minyak jelantah dapat mengumpulkan minimal 10 liter minyak dan menghubungi tim Beli Jelantah untuk datang dan membeli minyak tersebut dengan harga Rp2.000 hingga Rp4.000 per liternya. Kemudian, Beli Jelantah akan memberikan minyak yang telah dibeli kepada perusahaan biodiesel tersertifikasi untuk selanjutnya diolah.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan