Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Cara Mencuci Buah dan Sayuran Segar, Menurut Sains

sayurSayur-sayuran.

Topcareer.id – Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan dan sayuran baik untuk kesehatan. Tapi, tujuan kesehatan itu bisa tercapai kalau kamu mencucinya terlebih dulu. Adakah cara yang benar mencuci makanan segar dan sehat ini?

Alasan mencuci buah dan sayuran segar adalah untuk membilas tanah, mikroba, dan pestisida. Kadang-kadang kamu akan melihat tanah yang terlihat pada sayuran berdaun hijau dan sayuran lainnya, yang bisa tidak menggugah selera dan menambahkan tekstur berpasir pada makananmu.

Mengutip Health, mikroba patogen yang ditemukan pada produk, termasuk E. coli, salmonella, dan mikroba yang menyebabkan norovirus, dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Penelitian juga mengaitkan residu pestisida dengan efek kesehatan yang negatif. Misalnya, pestisida makanan dapat dikaitkan dengan konsekuensi reproduksi yang merugikan bagi wanita, khususnya kemungkinan kehamilan dan kelahiran hidup yang lebih rendah setelah perawatan infertilitas, seperti yang dilaporkan Health sebelumnya.

Kesuburan pria juga dapat terkena dampak negatif dengan mengonsumsi produk dengan tingkat residu pestisida yang tinggi, menurut sebuah studi dari jurnal Human Reproduction Consumption.

Cara mencuci sayur dan buah

Ada cara berbasis sains yang solid untuk mencuci buah dan sayuran di rumah. Tapi pertama-tama, beberapa metode tidak disarankan. Food and Drug Administration (FDA) AS tidak menyarankan mencuci buah dan sayuran dengan sabun, deterjen, atau produk komersial.

Baca juga: Kopi Bisa Digunakan Untuk Memprediksi Cuaca Lho! Begini Caranya

“Produksi berpori, sehingga sabun dan deterjen rumah tangga dapat diserap oleh buah-buahan dan sayuran, meskipun dibilas secara menyeluruh, dan dapat membuatmu sakit,” kata badan tersebut. FDA juga mencatat bahwa keamanan residu pencucian produk komersial tidak diketahui.

Sebagai gantinya, inilah yang direkomendasikan FDA:

Sebelum kamu menyiapkan dan/atau memakan produk, cucilah semuanya secara menyeluruh di bawah air dingin yang mengalir.

Dan untuk produk padat, seperti mentimun, gosok dengan sikat produk bersih, seperti sikat pembersih.

“Setelah dicuci, keringkan produk dengan handuk kain bersih atau handuk kertas untuk lebih mengurangi bakteri yang mungkin ada di permukaan,” tambah FDA.

Untuk barang-barang seperti sayuran yang dikantongi atau wortel bayi yang “sudah dicuci sebelumnya, siap untuk dimakan,” FDA mengatakan kamu dapat memakan produk tanpa mencuci lebih lanjut jika itu dinyatakan dengan jelas pada kemasannya.

Dalam kebanyakan kasus, mencuci dan merendam hanya dapat mengurangi tingkat residu pestisida tertentu, menurut sebuah studi tahun 2018 dari Journal of the Science of Food and Agriculture. Jika perlu, mengupas produk dapat mengurangi residu pestisida dengan lebih efektif.

Tetapi penting untuk dicatat bahwa manfaat makan lima sampai tujuh porsi produk setiap hari jauh lebih besar daripada risiko pestisida. Dengan kata lain, bahkan jika mencuci tidak sepenuhnya menghilangkan residu, kamu akan lebih melindungi kesehatanmu dengan mengonsumsi buah dan sayuran daripada menghindarinya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan