Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Bedanya Jam Kerja, Jatah Libur dan Gaji di Indonesia dan Thailand

Topcareer.id – Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari mengatakan jam kerja, jatah libur hingga gaji para pekerja Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara Thailand.

Dari sisi jam kerja misalnya, bila dibandingkan dengan negara Asia Tenggara saja, jumlah hari libur di Indonesia masih terlalu banyak.

“Untuk hari libur, di Indonesia dalam setahun dapat mencapai 20 hari libur. Belum lagi ditambah dengan beragam cuti. Sedangkan di Thailand dalam setahun tidak lebih 15 hari libur. Jadi dari segi jumlah libur kita ini gede, banyak,” ujarnya di Jakarta, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Asyik, Insentif Rp66 Miliar untuk 44 Ribu Guru PAI Non PNS sudah Cair

Kemudian menurut Dita jam kerja di Indonesia juga dianggap lebih sedikit di tiap minggunya dibandingkan Thailand. Dimana dalam seminggu jam kerja karyawan di Thailand mencapai 42 sampai 44 jam.

“Di Indonesia hanya 40 jam. Sedikitnya jam kerja, output atau hasil kerja yang dilakukan tenaga kerja di Indonesia pun menjadi pengaruh terhadap nilai produktivitas yang rendah,” tambahnya.

Sedangkan di sisi upah, upah minimum di Indonesia justru lebih tinggi dari Thailand. Hal ini diketahui dari upah minimum yang diberlakukan di Phuket, Thailand yakni sebesar Rp4.104.475. Sementara itu di Indonesia, upah minimum di Jakarta yang mencapai Rp4.453.724. Lebih besar bukan?**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan